Bye-bye Bayar Pakai Kartu!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 02 Sep 2019 08:33 WIB
Halaman ke 3 dari 4
3.

Aman

Bye-bye Bayar Pakai Kartu!
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho menjelaskan keuntungan dari pembayaran sistem cardless ini adalah dari segi keamanan uang yang bisa lebih baik dibandingkan dengan kartu atau cash.

"Karena kita tidak perlu lagi membawa-bawa uang cash dalam jumlah besar atau kartu yang banyak karena rawan hilang. Cukup bawah hp saja yang memang sudah tak terpisahkan dengan manusia di era digital seperti saat ini," kata Andy.

Kemudian, penyedia layanan cardless ini saat masa promosi juga memanjakan pengguna dengan beragamnya diskon atau potongan harga yang bisa digunakan untuk berbelanja. Biasanya hal itu tak akan didapatkan jika kita menggunakan kartu atau uang cash.

"Cardless seperti halnya pembayaran dengan kartu juga bisa menghindarkan konsumen dari belanja yang tidak ada kembaliannya, karena pembayaran bisa lebih akurat," imbuh dia.

Menurut Andy dalam membayar menggunakan sistem cardless ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya menggunakan operator yang bank rekanannya sama dengan bank yang kita gunakan, hal ini untuk menghindari pengenaan transaction fee.

Meskipun cardless, pengguna juga harus lebih bijak dalam berbelanja, karena tawaran diskon yang ada di mana-mana. Sama seperti kartu debit atau kredit jangan sekali-kali memberitahukan PIN aplikasi atau PIN QR code kepada orang lain untuk meminimalisir penyalahgunaan.

Selanjutnya, jangan pernah membuat note di hp tentang nomor PIN transaksi QR atau aplikasi pembayaran. Hal ini juga untuk meminimalisir jika handphone hilang. Walaupun cardless semakin mudah, tak ada salahnya membawa uang cash untuk berjaga-jaga.

Halaman Selanjutnya
1 2 3 4