Binomo Nggak Kapok-kapok! Sudah Diblokir, Eh Muncul Lagi

Anisa Indraini - detikFinance
Sabtu, 17 Apr 2021 07:30 WIB
binomo
Ilustrasi/Foto: Angga Aliya ZRF/detikcom
Jakarta -

Situs penyedia jasa investasi trading Binomo terus muncul lagi meski sudah diblokir berkali-kali. Platform binary option itu seakan tak kapok muncul lagi dengan nama belakang yang berbeda.

Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Sidharta Utama mengatakan telah memblokir situs Binomo yang muncul sehingga tidak lagi bisa diakses. Namun masalahnya, mereka muncul lagi karena dengan gampangnya bisa membuat domain baru.

"Kami menyadari bahwa mereka dapat membuat domain baru dengan menggunakan perusahaan jasa web hosting di luar negeri. Untuk membuat domain baru saat ini sangat mudah, sehingga apabila sebuah domain diblokir maka dengan mudah berganti nama," kata Sidharta kepada detikcom, Jumat (16/4/2021).

Untuk diketahui, Binomo dijalankan secara online dari luar negeri dan tidak memiliki kantor apalagi pihak yang bertanggung jawab di Indonesia. Untuk itu jika ada kerugian dari masyarakat, Bappebti tidak bisa memfasilitasi nasabah dalam rangka mediasi.

"Untuk mencegah kerugian masyarakat yang dapat timbul dari kegiatan Binary Option tersebut, Bappebti secara rutin melakukan pengamatan dan pengawasan secara online. Bappebti bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan pemblokiran terhadap domain situs dari entitas-entitas yang melakukan penawaran investasi melalui aplikasi Binary Option," ucapnya.

Hingga saat ini sudah ada 27 domain Binomo yang diblokir. Klik halaman selanjutnya.

Pemblokiran Binomo sudah dimulai pada Oktober 2019 dan hingga saat ini sudah ada 27 domain yang diblokir Bappebti agar tidak bisa diakses di Indonesia. Pertama kali ada dua situs yang diblokir yakni binomo.com dan binomo.net. Namun, pada 23 November 2019 Binomo kembali lagi dengan domain binomo.org.

Pada 8 Januari 2020, Binomo kembali diblokir karena kembali muncul dengan domain binomo.binaryoptionindo. Tak kapok, Binomo kembali membuat situs baru dengan domain binomoidn.com dan binomo-m.com.

Lalu, pada Agustus 2020, Binomo membuat situs baru lagi dengan 5 domain sekaligus yakni Binomoapp.com, Binomoidn.info, Binomoofficial.com, Binomo-official.com dan Binomo-trading.com. Situs-situs tersebut pun kembali diblokir Bappebti dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Pada Februari 2021, Binomo kembali eksis dengan domain binomoplatform.com dan binomo-website.com. Bappenti pun tetap memblokir situs-situs tersebut.

Tak kenal lelah, Binomo muncul lagi dengan 6 domain yakni binomo-webtrading.com, binomo.zendesk.com, binomo-login.com, binomo-platform.com, binomo-site.com, dan daftarbinomo.net.

Lalu hari Kamis kemarin (15/4), Binomo kembali 'dijegal' Bappebti. Ada 8 domain Binomo yang sekaligus diblokir antara lain binomoidn.my.id, binomo-indonesia.com, binomomain.com, binomo-web-trading.com, binomo-webtreding.com, loginbinomo.com, login-binomo.com, dan website-binomo.com.

(aid/hns)