Elon Musk Bikin Gara-gara, Harga Bitcoin Jadi Anjlok ke Rp 624 Juta

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 17 Mei 2021 09:13 WIB
Elon Musk founder, CEO, and chief engineer/designer of SpaceX speaks during a news conference after a Falcon 9 SpaceX rocket test flight to demonstrate the capsules emergency escape system at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla., Sunday, Jan. 19, 2020. (AP Photo/John Raoux)
Elon Musk/Foto: AP
Jakarta -

Cuitan Elon Musk di Twitter lagi-lagi mempengaruhi harga Bitcoin. Uang kripto terbesar di dunia itu merosot 8% menjadi US$ 44.000 setara Rp 624 juta.

Dikutip dari CNBC, Senin (17/5/2021) hal itu disebabkan setelah percakapan Elon Musk dengan seorang pengguna Twitter @CryptoWhale berkata. Akun itu mengatakan bahwa Tesla akan membuang sisa kepemilikan Bitcoin dan itu akan memberikan tamparan bagi para penggemar Bitcoin.

"Bitcoiner akan menampar diri mereka sendiri pada kuartal berikutnya ketika mereka mengetahui Tesla membuang sisa kepemilikan Bitcoin. Dengan banyaknya kebencian yang didapat @elonmusk, saya tidak akan menyalahkannya... " tulis akun itu.

Cuitan itu kemudian dijawab oleh Musk, "Benar." Setelah jawaban dari Musk itu, harga Bitcoin anjlok.

Komentar Elon Musk memang selalu mempengaruhi pergerakan uang kripto. Ia juga telah menjadi pendukung besar uang kripto, membantu mengumpulkan harga koin digital, termasuk Bitcoin. Dalam pengajuan SEC pada bulan Februari, Tesla mengungkapkan mereka membeli Bitcoin US$ 1,5 miliar.

Perusahaan mengatakan mencatat keuntungan bersih US$ 101 juta dari penjualan Bitcoin selama kuartal tersebut, membantu meningkatkan laba bersih ke rekor tertinggi pada kuartal I-2021. Namun, Musk tampaknya telah berbalik arah dalam beberapa pekan terakhir ini dengan mendukung Dogecoin, uang kripto yang terinspirasi meme.

Tesla minggu lalu juga menangguhkan pembelian kendaraan menggunakan Bitcoin karena kekhawatiran atas penggunaan bahan bakar fosil yang meningkat pesat untuk penambangan Bitcoin. Harga Bitcoin turun 5% dalam beberapa menit pertama setelah pengumuman Musk.

Hingga akhirnya Elon Musk mendukung Dogecoin lebih jauh lagi. Pekan lalu, melalui perusahaan luar angkasanya SpaceX, Musk benar-benar akan membawa Dogecoin 'ke bulan'. Perusahaan itu berencana meluncurkan misi DOGE-1 ke bulan. Rencananya misi itu menerima Dogecoin sebagai pembayarannya.

(ara/ara)