Follow detikFinance
Sabtu, 17 Mar 2018 11:10 WIB

Jokowi Cabut Kewenangan Susi di Impor Garam Industri

Hendra Kusuma - detikFinance
Halaman 1 dari 7
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pemerintah sepakat untuk mengalihkan hak rekomendasi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terkait dengan urusan garam industri.

Dengan mengalihkan rekomendasi maka hak Susi Pudjiastuti pun hilang dalam proses kegiatan impor garam industri. Keputusan tersebut tertuang dalam peraturan pemerintah (PP) yang sudah direstui Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dalam proses diundangkan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Dengan rekomendasi izin impor garam dipegang oleh Menteri Perindustrian, maka polemik soal pemenuhan kebutuhan, penetapan kuota, hingga penerbitan izin impor garam industri diharapkan berakhir. Polemik tersebut antara Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian.


Tidak hanya itu, kuota izin impor garam industri juga meningkat dari yang sudah diterbitkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada awal Januari 2018. Dengan begitu total kuota impor sebesar 3,7 juta ton pada tahun ini.

Penasaran cerita lengkapnya? Simak di sini: (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed