Follow detikFinance
Kamis, 11 Des 2014 10:25 WIB

JK akan Resmikan Pabrik Baru Motor Honda Rp 3,3 Triliun di Karawang

- detikFinance
Karawang - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan meresmikan pabrik baru motor milik PT Astra Honda Motors (AHM) di Karawang, Jawa Barat, Kamis (11/12/2013). Pabrik motor ini mulai dibangun sejak 2013 lalu.

JK dijadwalkan akan tiba menggunakan helikopter pada pukul 10.45 WIB di lokasi peresmian pabrik, JK bertolak dari kantor Mabes TNI di Cilangkap, Jakarta Timur. Rencananya peresmian dijadwalkan akan digelar pada pukul 11.00 WIB.

Di lokasi acara terlihat pengamanan ketat dari Paspampres. Lokasi sudah dipadati para tamu undangan, yang umumnya menggunakan pakaian batik.

Sebelumnya, Vice President‎ PT Astra Honda Motors (AHM) Johannes Loman bulan lalu menyambangi Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin. Johannes yang kala itu datang bersama rombongan melaporkan AHM akan meresmikan pabrik baru dan meminta Saleh hadir untuk meresmikan.

"Kami meminta izin untuk meresmikan pabrik sepeda motor kami yang keempat di Karawang," tutur Johannes bulan lalu.

‎Johannes mengatakan, pabrik sepeda motor tersebut bakal diresmikan pada 11 Desember 2014. Pabrik tersebut berkapasitas produksi 1,1 juta unit per tahun dengan investasi Rp 3,3 triliun.

Dengan pabrik baru, kapasitas produksi sepeda motor AHM per tahun menjadi 5,3 juta unit. Naik dari kapasitasnya saat ini sebesar 4,2 juta unit per tahun.

"Terus terang, pabrik ini akan kita persiapkan juga untuk ekspor sesuai dengan rencana kami. Pabriknya untuk domestik dan ekspor," tuturnya.

Pabrik ini akan memproduksi motor-motor skutik Honda termasuk jenis PCX 150.

(zul/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed