Follow detikFinance
Kamis, 11 Des 2014 14:11 WIB

Ini Candaan JK Saat Resmikan Pabrik Motor Honda Rp 3,3 Triliun

- detikFinance
Karawang - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berharap Astra Honda Motor (AHM) membangun banyak lagi pabrik di Indonesia. Hal ini disampaikan JK saat meresmikan pabrik keempat PT AHM di Karawang, Jawa Barat senilai Rp 3,3 triliun.

Pada kesempatan itu, JK sempat melempar candaan soal merek Honda di Indonesia yang sudah sangat terkenal.

"Astra Honda sebagai perusahaan yang lama, memberikan kerja yang baik, telah terbukti memberikan contoh yang baik. Semoga dapat berlanjut ke pabrik kelima, keenam dan ketujuh dan memajukan bangsa," kata JK saat meresmikan pabrik Honda, Kamis (11/12/2014).

Pada acara itu, juga dihadiri oleh jajaran direksi PT AHM dan Astra International, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Kepala BKPM Franky Sibarani, Wakil Gubernur Jaw‎a Barat Deddy Mizwar dan tamu undangan lainnya.

JK mengatakan, Honda saat ini menjadi salah satu produsen kendaraan bermotor terbesar di Indonesia, khususnya untuk kendaraan roda dua. Wapres yang berlatar belakang pengusaha ini pun berkelakar, Honda adalah trademark semua motor di Indonesia.

‎"Sudah lebih dari 40 tahun Honda beroperasi di Indonesia. Di Indonesia, Honda sudah menjadi trademark. Kalau orang pakai Honda itu artinya orang pakai sepeda motor walau mereka pakai Yamaha atau Kawasaki," kata JK berseloroh.

‎Pemerintah menyambut baik bila Honda ingin menambah investasinya lagi ke depan. Selain untuk Honda, JK pun mengatakan pemerintah bakal terbuka untuk investasi asing maupun dalam negeri

"Saya menghargai upaya Honda untuk meningkatkan produksi di samping untuk dalam negeri, tapi juga untuk ekspor," tuturnya.

Ia mengatakan‎ akan lebih banyak lagi devisa yang diterima oleh negara dan juga penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak.

"Artinya beri kesempatan kerja lebih besar, devisa lebih banyak dan teknologi yang lebih mudah," tutupnya.

Dengan pabrik baru, kapasitas produksi sepeda motor AHM per tahun menjadi 5,3 juta unit. Naik dari kapasitasnya saat ini sebesar 4,2 juta unit per tahun. Pabrik ini akan memproduksi motor-motor skutik Honda termasuk jenis PCX 150.

(zul/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed