Follow detikFinance
Senin 27 Apr 2015, 12:13 WIB

Blusukan ke Garut, Menperin Saleh Husin Dengar Curhatan Perajin Kulit

- detikFinance
Blusukan ke Garut, Menperin Saleh Husin Dengar Curhatan Perajin Kulit
Garut - Hari ini, Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin melakukan kunjungan kerja ke Garut, Jawa Barat, ke sentra industri penyamakan kulit. Di Garut, Saleh mendengar banyak curhatan dari para pengusaha industri penyamakan kulit.

Saleh tiba di sentra industri penyamakan kulit di Sukaregang, Garut, Jawa Barat bersama Dirjen Basis Industri Manufaktur Harjanto dan Bupati Garut, Rudi Gunawan. Tak lama tiba di Unit Pelayanan Teknis (UPT) penyamakan kulit Sukaregang, mantan Bupati Garut Aceng Fikri pun tiba di lokasi.

Saleh Husin mengatakan, tujuannya ke Garut memang untuk mendengarkan keluh kesah dari para pelaku industri penyamakan kulit. Sebelumnya, pelaku industri ini menyambangi kantor Kementerian Perindustrian.

‎"Tujuan daripada saya ke sini ingin melihat secara langsung sehingga ingin mengetahui apa yang terjadi sebenarnya," kata Saleh di Sukaregang, Garut, Jawa Barat, Senin (27/4/2015).

Pelaku usaha penyamakan kulit di Garut banyak mengeluhkan usahanya kesulitan bahan baku. Mereka meminta impor bahan baku kulit dibuka dari setiap negara. Tujuannya untuk keberlangsungan industri penyamakan kulit dan kerajinan kulit di Garut, Jawa Barat.

"Pada dasarnya kulit ini kekurangan. Proses perizinan untuk penggantinya yang lokal, impor sudah bisa dipermudah. Syukur-syukur nanti seperti 80-an, kita impor bebas dari semua negara," tutur Nadirman, pelaku suaha dari Asosiasi Penyamakan Kulit Indonesia.

Para perajin juga mengeluhkan pasarnya yang kini tengah menurun karena kurangnya promosi. Ke depan, Saleh pun berjanji akan mengupayakan produk-produk kulit dan kerajinan kulit dari Indonesia khususnya Garut agar berkembang, salah satunya dengan mengenalkannya di pameran-pameran internasional.

(zul/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed