Follow detikFinance
Kamis 07 Jan 2016, 12:31 WIB

Bangun Pabrik Mobil di RI, Investor China Gelontorkan Rp 5 Triliun

Michael Agustinus - detikFinance
Bangun Pabrik Mobil di RI, Investor China Gelontorkan Rp 5 Triliun
Bekasi -

PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor mulai membangun pabrik mobil di Indonesia . Investor asal China ini menggelontorkan US$ 397,4 juta atau sekitar Rp 5 triliun untuk membangun pabrik tersebut

Lokasi pembangunan pabrik SGMW di Kawasan Industri Delta Mas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi ini dikunjungi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani. Dalam sambutannya saat melakukan kunjungan, Franky mengapresiasi langkah Wuling yang menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi.

"Atas nama Pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan terimakasih atas kepercayaan PT. SGMW Motor Indonesia (Wuling) karena telah memilih Indonesia sebagai tujuan investasi," kata Franky dalam sambutannya di Pabrik SGMW Motor Indonesia, Bekasi, Kamis (7/1/2016).

Franky menyambut baik keputusan Wuling tetap melanjutkan investasinya di Indonesia meski kondisi perekonomian global masih buruk.‎

"Kami memberikan apresiasi kepada Wuling bahwa di tengah perlambatan ekonomi global yang berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia, Wuling masih terus maju melanjutkan rencana investasinya di Indonesia," ucapnya.

Investasi Wuling ini, sambungnya, tentu memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, antara lain dalam bentuk penyediaan lapangan kerja dan memberikan rasa optimisme kepada investor China lainnya untuk datang berinvestasi ke Indonesia.

Berdirinya pabrik mobil China pertama di Indonesia ini juga sejalan dengan keinginan pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi otomotif di kawasan ASEAN.‎

"Pemerintah saat ini terus mendorong agar Indonesia menjadi basis produksi Industri otomotif di ASEAN," Franky menambahkan.

Pihaknya berjanji akan terus membantu kelancaran investasi Wuling di Indonesia.‎ "Dalam kesempatan ini saya juga membawa Marketing Officer termasuk Deputy in Charge yang menangani Wilayah RRT. Marketing Officer ini siap membantu perusahaan saudara apabila menghadapi kendala," tukas Franky.

‎"Harapan kami, Wuling dapat segera menyelesaikan konstruksi pabriknya dan beroperasi komersial," pungkasnya.

‎Sebagai informasi, Pabrik milik SGMW berlokasi di Kawasan Industri Delta Mas, Cikarang Pusat, Bekasi. Letaknya persis di seberang pabrik Suzuki Indomobil. Luasnya 300.000 m2. Total nilai investasi yang akan digelontorkan mencapai US$ 397,4 juta. Sampai saat ini US$ 43,5 juta diantaranya sudah direalisasikan.

Berdasarkan pantauan detikFinance, rangka bangunan pabrik yang terbuat dari baja sudah terbangun. Jalan masuk ke pabrik juga‎ sudah dibangun. Namun sebagian besar lahan masih berupa tanah kosong.

Direncanakan, pabrik ini akan memiliki kapasitas produksi 84.000 unit mobil 7-seater MPV type I dan 36.000 unit mobil 7-seater MPV type II. Selain itu juga akan diproduksi 120.000 set suku cadang dan aksesori mobil.

(hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed