Follow detikFinance
Jumat 19 Jan 2018, 16:24 WIB

RI Mau Impor 3,7 Juta Ton Garam Industri, Mengalir ke Sektor Apa?

Puti Aini Yasmin - detikFinance
RI Mau Impor 3,7 Juta Ton Garam Industri, Mengalir ke Sektor Apa? Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Kebutuhan garam industri dalam negeri sebanyak 3,7 juta ton. Pemerintah akan mengimpor garam industri itu secara bertahap sesuai kebutuhan setiap industri.

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan impor garam tersebut untuk memenuhi kebutuhan dari berbagai industri.

"Petrokimia, lensa, kaca, urusan lensa mata. Makanan dan minuman juga ada tapi enggak terbesar," katanya di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (19/1/2018).


Sebagai informasi, berdasarkan data Kementerian Perindustrian kebutuhan impor garam industri per tahunnya sebanyak 3,7 juta ton. Sehingga di tahun 2018 pihaknya memutuskan untuk melakukan impor garam industri sebanyak 3,7 juta ton.

Lebih lanjut, Darmin memaparkan bahwa impor tersebut dilakukan untuk lebih dari 100 perusahaan. "Waduh banyak juga datanya. Lebih dari 100 (perusahaan)," sambungnya.


Sementara itu, terkait impor, pihaknya akan melakukannya secara bertahap. Namun ia enggan menjelaskan lebih rinci kapan waktu pelaksanaan impor garam tersebut.

"Enggak buru-buru. Enggak kaya beras. Berdasarkan rakortas setelah mendengar semua kementerian dan BPS. 3,7 (impor beras) itu tapi tidak sekaligus," pungkasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed