Follow detikFinance
Rabu, 04 Apr 2018 13:49 WIB

Pemerintah Siapkan Jaringan 5G Hadapi Industri 4.0

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pemerintah menyiapkan berbagai hal dalam menghadapi industri generasi ke-empat atau industri 4.0. Persiapan tersebut meliputi peta jalan atau roadmap, hingga infrastruktur pendukungnya.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah saat ini sedang menyiapkan infrastruktur pendukung industri 4.0 dalam hal digital internet. Infrastruktur tersebut disiapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan akan dicoba pada saat Asian Games 2018.

"Digital kita sedang bicarakan dengan Kominfo salah satunya nanti di kawasan industri akan di launch 5G, waktu Asian Games akan kita buat prototype," kata Airlangga di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (4/4/2018).



Airlangga mengatakan dalam menyiapkan hal itu, Kominfo nantinya bakal menggandeng salah satu perusahaan BUMN, yakni PT Telkom (Persero). Saat ini, keduanya masih terus membahas hal tersebut.

"Itu nanti disiapkan Kominfo dan operator Telkom. Sedang dibahas komindo dan telkom," katanya.

Airlangga juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah juga sedang memetakan titik-titik tertentu yang bakal disiapkan infrastruktur pendukung tersebut.

"Nanti di kawasan tertentu kita sedang buat mapping," katanya.

(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed