Follow detikFinance
Selasa, 17 Jul 2018 21:51 WIB

Pemerintah akan Serap Gula Petani Rp 9.700/Kg

Trio Hamdani - detikFinance
Petani Tebu/Foto: Dok. Kementan Petani Tebu/Foto: Dok. Kementan
Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi (rakor) soal gula. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman hadir dalam rapat. Apa hasilnya?

Ditemui usai rapat, Amran Sulaiman menyampaikan dalam rapat dibahas mengenai rencana pemerintah yang bakal menyerap gula petani lewat Bulog.

"Gula ini Insya Allah kita akan serap punya petani melalui Bulog," kata Amran di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Hasil rapat juga menyepakati kerugian atas penyerapan gula petani bakal ditanggung oleh pemerintah. Itu ditanggung lewat dana cadangan stabilitas harga pangan (CSHP). Hanya saja keputusan belum final.

"Kita sepakati tadi kalau penugasan pemerintah ada kerugian ditanggung pemerintah. Iya (pakai dana CSHP) kalau ada kerugian. Tapi ini masih kita menunggu menyurat lagi 1 putaran, nanti. Tapi yang jelas Bulog diberi penugasan untuk serap gula petani," jelasnya.

Ditemui terpisah, Enggar mengatakan gula yang diserap petani ditetapkan dengan harga Rp 9.700 per kg. Namun Enggar tidak mau bicara lebih banyak.

"(Jadi harganya) Rp 9.700," tambahnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed