Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 07 Des 2018 13:56 WIB

Perakit iPhone Gandeng Perusahaan Lokal di Batam, Siapa?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Pabrik perakit iPhone, Pegatron akan memindahkan sebagian produksinya dari China ke Indonesia. Perusahaan asal Taiwan ini merupakan perakit komponen iPhone.

Di Indonesia, Pegatron bakal beroperasi di Batam. Perusahaan ini akan menggandeng mitra PT Sat Nusapersada Tbk.

Mengutip keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (7/12/2018), Sat Nusapersada menyampaikan informasi atau fakta material mengenai perolehan kontrak penting Pegatron Corporation.

Pada fakta material itu dijelaskan, seiring dengan adanya perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS) berdampak pada beberapa produk yang dibuat di China akan dikenakan pajak tambahan apabila ekspor ke AS.


Menurut keterangan itu, perang dagang memicu banyaknya perusahaan yang hengkang dari China masuk ke ASEAN termasuk Indonesia.

"Perusahaan perakitan elektronik terbesar kedua di dunia, Pegatron Corporation akan melakukan kerja sama dengan Satnusa untuk merakit berbagai produk elektronik yang akan di ekspor ke Amerika Serikat," tulis keterangan Sat Nusapersada.


Kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi operasional perseroan karena berpotensi memproduksi berbagai produk di kemudian hari sesuai dengan permintaan pasar AS.

Lalu, untuk jangka panjang akan mendatangkan peningkatan cashflow yang disebabkan oleh pendapatan tambahan yang diperoleh dari proyek baru ini.

"Kelangsungan usaha perseroan akan semakin baik dikarenakan perseroan tidak saja hanya fokus pada smartphone dan pasar dalam negeri saja namun ke produk lain dan ke pasar ekspor juga sehingga akan terjadi diversifikasi produk dan pasar sehingga daya tahan perseroan akan semakin kuat secara keseluruhan," bunyi keterangan itu. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed