Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Jan 2019 17:10 WIB

Soal Revolusi Industri 4.0, JK: Perusahaan Kecil Mendunia

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Wapres Jusuf Kalla (JK). (Noval-detikcom) Foto: Wapres Jusuf Kalla (JK). (Noval-detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan bahwa era industri 4.0 menjadi momentum menduniakan para pelaku usaha kecil.

Hal itu diungkapkannya saat acara Kuliah Umum Wakil Presiden dengan tema Indonesia and The World: Future Trajectory, Opportunity and Challenges di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Revolusi industri yang serba digital ini dianggap momen terbaik dalam mengenalkan lebih banyak para pelaku usaha tanah air.

"Ini bagian utama makanya kita sebut revolusi 4. Saya lebih condong seperti Choirul (CT), revolusi berusaha, maka harus diberikan perusahaan kecil mendunia," kata JK.



Revolusi industri juga mengubah pola bisnis dari yang konvensional ke arah online.

"Banyak anak muda yang berbisnis seperti itu mengubah cara pandang, itu pengaruh teknologi, harapan yang dijual, data yang dijual, jadi bagaimana kita mengatasi hal itu," ujar dia.

Lanjut dia, demi menunjang perkembangan pelaku usaha kecil tanah air juga telah dibangun banyak infrastruktur, salah satunya jalan. Pembangunan itu ditujukan demi menekan tingginya biaya logistik dan memberikan kemudahan berusaha.

Namun fasilitas itu akan menjadi sia-sia atau tidak termanfaatkan secara penuh jika kualitas SDM masih rendah. Oleh karenanya, fokus pemerintahan tahun 2019 adalah pembangunan SDM berkualitas.

"Tanpa perbaikan SDM kita tidak maju, makanya pada tahun ini perbaikan SDM," ungkap dia.

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed