Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 04 Jun 2019 10:51 WIB

300 Pesawat Boeing 737 Terindikasi Alami Cacat di Bagian Sayap

Trio Hamdani - detikFinance
Boeing/Foto: BBC World Boeing/Foto: BBC World
Jakarta - Otoritas penerbangan sipil AS, Federal Aviation Administration (FAA) menyatakan terdapat masalah di pesawat Boeing 737. Hal itu terungkap dari hasil penyelidikan baru-baru ini.

Dikutip detikFinance dari CNBC, Selasa (4/6/2019), lebih dari 300 jet Boeing 737, termasuk Max, terindikasi memiliki bagian sayap yang tidak memenuhi standar sehingga mudah rusak.

FAA mengatakan 33 pesawat NG dan 33 Max di AS ikut terindikasi mengalami problem tersebut. Secara global, ada 133 pesawat NG dan 179 Max yang terindikasi masalah tersebut.


FAA akan memerintahkan maskapai untuk melepas dan mengganti suku cadang jika pesawat mereka terindikasi mengalami masalah yang dimaksud.

Lebih lanjut, hasil penyelidikan mendapati sebanyak 148 bagian leading edge slat yang merupakan salah satu bagian dari sayap pesawat rentan rusak.


Berkaitan dengan itu, FAA akan mengeluarkan instruksi kelaikan udara yang mewajibkan untuk mengganti suku cadang. Maskapai harus mematuhi dalam waktu 10 hari. Pihaknya telah memperingatkan otoritas penerbangan sipil internasional tentang masalah ini.

Sementara itu, pihak Boeing memastikan untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh atas temuan tersebut.


Simak Juga "Boeing 737 Max 8 Dilarang Jadi Angkutan Lebaran 2019":

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed