Rencana RI Bikin Vaksin Corona Sudah Sampai Mana?

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 10 Jul 2020 17:50 WIB
i
Foto: Fiona Goodall/Getty Images
Jakarta -

Indonesia sedang melakukan uji vaksin Corona (COVID-19) lewat kerja sama dengan beberapa negara. Penemuan vaksin ini penting untuk memutus mata rantai pandemi dan untuk menormalkan ekonomi kembali.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan saat ini PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) dengan perusahaan obat biologi dari Korea Selatan, Genexine sudah masuk dalam tahap clinical trial di Korea Selatan. September mendatang, clinical trial ditargetkan masuk di Indonesia.

"Kalbe Farma bekerja sama dengan salah satu leading institute di Korea yaitu Genexine dan ini sudah masuk fase clinical trial di Korea dan diharapkan September akan masuk clinical trial ke Indonesia," kata Airlangga dalam webinar yang diselenggarakan detikcom, Jumat (10/7/2020).

Tahap clinical trial diharapkan bisa selesai pada 2021. Setelah itu, baru akan disiapkan co-production vaksin Corona di Indonesia.

Selain Kalbe, PT Bio Farma (Persero) juga sedang melakukan uji vaksin dengan perusahaan biofarmasi asal China, Sinovac dan lembaga kesehatan yang didirikan oleh Bill Gates yakni Koalisi Inovasi Kesiap siagaan Epidemi (The Coalition for Epidemic Preparedness Innovations/CEPI).

Selain itu, beberapa universitas bersama Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kesehatan Indonesia juga sedang melakukan clinical trial vaksin Corona yang ditargetkan selesai 2021-2022.

"Artinya sebelum vaksin ditemukan kita harus bersiap dengan new normal dan selalu waspada dengan COVID atau kita harus mengambil langkah-langkah aman dari COVID," ucapnya.

Untuk mendukung penemuan vaksin, pemerintah telah menyiapkan insentif pajak bagi perusahaan yang secepatnya menemukan vaksin Corona dengan fasilitas pemotongan pajak penghasilan (PPh) hingga 300%.

"Pemerintah sendiri mengeluarkan super tax deduction yang ini seluruh kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah qualified untuk mendapat 300% pemotongan pajak dan ini yang terkait dengan komersialisasi itu dapat 100% dan pembiayaan 100%," imbuhnya.



Simak Video "100 Juta Dosis Vaksin Corona Potensial Sudah Dipesan AS"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)