Ford Rogoh Rp 21 T Buat Pabrik Mobil Listrik di Kanada

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 23 Sep 2020 12:14 WIB
Ford GT 2020
Foto: Ford
Jakarta -

Produsen mobil asal Amerika Serikat (AS) Ford Motor Co menginvestasikan US$ 1,46 miliar setara Rp 21 triliun (kurs Rp 14.700) untuk pabrik Oakville dan Windsor, Kanada. Investasi jumbo itu untuk pengembangan mobil listrik.

Mengutip CNN, Rabu (23/9/2020) kabar ini disampaikan oleh Presiden Nasional serikat Unifor, Jerry Dias. Dia mengungkapkan investasi tersebut untuk melengkapi produksi lima model kendaraan listrik di pabrik Oakville pada 2025-2028.

Pemerintah federal AS bersama pemerintah Ontario, Kanada juga bersedia berinvestasi pada pabrik Oakville untuk produksi mobil listrik. Investasi itu diperkirakan mempertahankan operasional pabrik hingga beberapa tahun ke depan.

Perdana Menteri Ontario Doug Ford membenarkan kabar tersebut. Dia mengatakan investasi yang akan digelontokan ke produksi mobil listrik Ford masih dalam tahap negosiasi.

Dua media asal Kanada The Toronto Star dan Canadian Broadcasting Corp memperkirakan kedua pemerintah itu dapat memberikan dana hingga 500 juta dolar Kanada.

Analis Credit Suisse Dan Levy mengatakan kesepakatan itu bermanfaat bagi Ford karena mencegah pemogokan di pabrik Kanada dan meningkatkan kapasitas produksi.

(ara/ara)