Fakta-fakta Vaksin Virus Corona yang Mulai Disuntik Desember

Anisa Indraini - detikFinance
Sabtu, 26 Sep 2020 09:50 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut mulai Desember 2020 atau awal Januari 2021 masyarakat Indonesia sudah bisa diberikan vaksin virus corona.

Airlangga mengatakan saat ini sedang disiapkan peraturan presiden (Perpres) untuk pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi. Melalui aturan ini, pemerintah akan mengatur proses pengadaan, pembelian dan distribusi vaksin, termasuk mengatur pelaksanaan dan pemberian imunisasi.

"Nanti disiapkan di bulan Desember atau awal Januari Indonesia sudah bisa memulai vaksinasi," kata Airlangga dalam Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) di Kawasan Wisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (25/9/2020).

Indonesia disebut salah satu negara yang sudah menyiapkan vaksin mendekati jumlah penduduk sebanyak 270 juta. Namun seperti diberitakan sebelumnya, kemungkinan untuk tahap awal vaksin yang baru bisa dinikmati sekitar 30 juta.

"Indonesia adalah salah satu negara yang sudah menyiapkan (vaksin) mendekati ke jumlah penduduk atau 270 juta vaksin," tuturnya.

Siapa yang prioritas bakal divaksin? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2