Genjot Mobil Listrik di RI, Toyota Siapkan Rp 28 Triliun

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 08 Des 2020 18:46 WIB
Toyota menyumbangkan belasan mobil ramah lingkungan untuk keperluan riset mobil listrik kepada Kementerian Perindustrian dan 6 perguruan tinggi.
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy

Airlangga menyambut baik rencana Toyota membuat proyek EV Smart Mobility di Bali sebagai bagian untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik dalam ekosistem eco-tourism di Nusa Dua, Bali. Toyota akan bekerja sama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua.

Alasan Bali dipilih sebagai lokasi proyek karena sejalan dengan Pemerintah Daerah yang telah mengeluarkan Pergub Nomor 45 tahun 2019 tentang energi bersih dan kendaraan listrik.

"Untuk mendukung keberlanjutan model bisnis yang berkelanjutan dan juga peningkatan ekowisata Pulau Bali, Pemerintah merekomendasikan hilirisasi produk nikel sebagai bahan baku baterai mobil listrik untuk pengembangan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBL-BB) nasional," imbuh Airlangga.

Airlangga menekankan agar hasil produk KBL-BB tidak hanya untuk pasar domestik namun juga untuk ekspor, salah satunya ke Australia dan negara lainnya. Pemerintah akan memberi dukungan yang diperlukan oleh Toyota dalam rangka pengembangan KBL-BB dalam bentuk regulasi, insentif fiskal dan non fiskal.


(hns/hns)