Di Depan Jokowi, Merkel Janji Bantu Negara Miskin Dapat Vaksin

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 12 Apr 2021 22:57 WIB
Angela Merkel Akui Corona Sebagai Tantangan Terbesar Setelah PD II
Foto: DW (News): Kanselir Jerman Angela Merkel
Jakarta -

Jerman akan membantu negara miskin untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Hal itu disampaikan Kanselir Jerman Angela Merkel di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Angela Merkel dan Jokowi bertemu secara virtual dalam acara peresmian pameran Hannover Messe 2021 Digital Edition.

Menurut Merkel, banyak negara miskin yang sulit mendapatkan akses untuk memenuhi kebutuhan vaksin COVID-19 di negaranya. Oleh karena itu dia berjanji, Jerman akan membantu para negara tersebut.

"Kami ingin menunjukkan bahwa negara yang kurang kemampuannya harus diberi akses vaksin," ucapnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (12/4/2021).

Dia menambahkan, vaksin merupakan satu-satunya senjata bagi negara yang ingin melawan pandemi. Jika senjata itu terpenuhi maka sebuah negara bisa menyelamatkan ekonominya.

"Oleh karena itu kita usahakan vaksinasi, meski vaksinasi belum menjaminkan bahwa di masa depan itu cukup, karena kita belum tahu mutasi baru dapat dibasmi dengan vaksin," tambahnya.

Jerman sendiri kata Merkel, memiliki pabrik vaksin COVID-19 melalui BioNTech SE yang bekerjasama dengan Pfizer Inc. Selain itu perusahaan AS Johnson & Johnson juga mulai produksi vaksin di negara tersebut.

(das/hns)