Indonesia Kembali Kedatangan 4,8 Juta Dosis Vaksin Covovax

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 03 Des 2021 21:15 WIB
Warga di Dieng Batur, Banjarnegara, antusias ikuti kegiatan vaksinasi COVID-19 massal. Seperti diketahui, vaksinasi gencar dilakukan demi capai herd immunity.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Indonesia kembali kedatangan vaksin Covovax tahap II. Vaksin Covovax tiba dengan jumlah 4.865.500 dosis kemarin.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Bapak Usman Kansong mengatakan kedatangan vaksin Covovax ini untuk mendorong program vaksinasi nasional.

"Lancarnya kedatangan vaksin, membuat upaya percepatan dan perluasan program vaksinasi jadi lebih optimal," ujar Usman, Jum'at (3/12/2021).

Usman mengatakan, hal ini menjadi komitmen pemerintah untuk mengamankan ketersediaan vaksin di Indonesia. Pemerintah juga terus meningkatkan capaian vaksinasi di daerah-daerah.

Menurutnya dengan kondisi geografis dan banyaknya jumlah penduduk, merupakan tantangan tersendiri untuk bisa segera mencapai terbangunnya herd immunity atau kekebalan kelompok.

Usman menyebut, dibutuhkan kerja sama dan peran serta semua elemen agar program vaksinasi nasional ini bisa semakin cepat dan luas. Selain itu yang terpenting adalah peran serta dan partisipasi masyarakat.

Pemerintah tidak bosan mengajak seluruh masyarakat segera divaksinasi, tidak perlu pilih-pilih vaksin, karena semua vaksin aman dan berkhasiat.

"Vaksinasi bukan sekadar upaya untuk melindungi diri, melainkan juga untuk melindungi keluarga dan seluruh masyarakat," tegas Usman.



Simak Video "Disetujui BPOM, Ini Fakta-fakta Vaksin Covovax"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)