Follow detikFinance
Jumat, 15 Des 2017 10:55 WIB

Resmikan Jalur Ganda KA, Jokowi: Dulu Bogor-Sukabumi 6 Jam

Syahdan Alamsyah - detikFinance
Foto: Syahdan Alamsyah Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan jalur rel ganda kereta Bogor-Sukabumi. Di hadapan sejumlah tamu undangan, Jokowi menceritakan pengalamannya terjebak macet di jalur Bogor - Sukabumi.

"Ini pernah saya alami sendiri, tapi dulu jauh sebelum jadi Presiden. Saya ngalamin perjalanan selama hampir 6 jam," kata Jokowi disambut gelak tawa tamu undangan di lokasi acara, Jumat (15/12/2017).

Jokowi juga mengatakan jika Tol Bogor, Ciawi, Sukabumi dulu hanya sebatas wacana tanpa ada perkembangan yang baik. "Bocimi dari tahun 1997 sampai 2015 ternyata enggak maju semeter pun, oh masalahnya gonta ganti investor. Akhirnya saya perintahkan menteri, ambil alih kerjakan oleh BUMN dan Alhamdulillah berjalan dengan baik," lanjut Jokowi.


Selain Tol Bocimi, Jokowi juga memberikan pilihan moda transportasi Kereta Api (KA) yang berlanjut dengan Bandar Udara Sukabumi.

"Tol 2019 harus rampung, kemudian pembangunan rel ganda 2020 ini saya tawar 2019 tapi kata pak menteri nggak bisa ya sudah 2020 dan nanti berlanjut ke Bandara. Dengan begini masyarakat Sukabumi jadi punya pilihan moda transportasi maunya apa tinggal pilih," kata Jokowi.

Untuk Bandara, Jokowi meminta agar lokasinya nanti dirahasiakan agar tidak muncul kenaikan harga yang akan menyulitkan proses pembebasan. "Saya bisikin Pak Bupatinya agar lokasi dirahasiakan, kalau enggak nanti malahan timbul kesulitan pas pembebasan," pungkas Jokowi.

Turut hadir mendampingi Jokowi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Walikota Sukabumi M Muraz. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed