Follow detikFinance
Rabu 14 Feb 2018, 21:24 WIB

Luhut Cari Cara Agar Pinjaman Kereta Cepat JKT-BDG Segera Cair

Trio Hamdani - detikFinance
Luhut Cari Cara Agar Pinjaman Kereta Cepat JKT-BDG Segera Cair Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan mengatakan pihaknya terus berupaya menyelesaikan masalah pinjaman proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG) yang tak kunjung cair. Pasalnya, pinjaman untuk proyek tersebut kerap kali tertunda.

"Tinggal nanti masalahnya hari Selasa atau Senin, kami mau lihat bisnis modelnya gimana sih, angka-angkanya, ada masalah di mana, sehingga pencairan dana ini bisa selesai," kata Luhut ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2018).


Dia juga mengatakan pihaknya masih mengevaluasi segala hal berkaitan dengan proyek tersebut. Hal-hal itu juga turut menentukan kapan dana pembangunan proyek tersebut bisa cair.

"Kita lagi evaluasi semua. Saya sudah pernah ngomong kok masalah tanah, Pak Sahala (Komisaris Utama PT Kereta Cepat Indonesia China) ke mari, sudah juga maju rapat kemarin," paparnya.

"Di samping itu, kita juga mencoba lakukan studi lanjutan. Kita berpikir untuk 20, 30, 40 tahun ke depan," sambungnya.


Diketahui, sebelumnya dia mengatakan pemerintah juga membuka peluang untuk memperpanjang jalur sampai ke Yogyakarta dan Solo, dari yang semula hanya Jakarta-Bandung. Menurut Luhut hal itu masih terus dikaji.

"Sebenarnya menurut kajian itu kereta api (JKT-BDG) ini memang bisa feasible itu 300 km ke atas. Itu yang lagi kita kaji, apakah nanti gimana, kita lihat dulu saja," tambahnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed