Follow detikFinance
Jumat, 09 Mar 2018 22:15 WIB

Gudang Garam Mau Bangun Bandara Kediri, Luhut: Nggak Mahal, Rp 5 T

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - PT Gudang Garam Tbk akan membangun bandara di Kediri Jawa Timur. Bandara tersebut merupakan program corporate social responsibility (CSR) perseroan. Berapa nilai investasinya?

"Nggak mahal-mahal, cuma Rp 5 triliun saja," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan di kantornya, Jumat (9/3/2018).

Luhut mengatakan, bandara tersebut nantinya akan diberikan ke pemerintah. Lalu, bandara tersebut akan dikelola oleh PT Angkasa Pura II.


Dia mengatakan, saat ini Gudang Garam sudah menguasai 400 hektar (ha) lahan untuk keperluan pembangunan bandara. Sementara, untuk membangun bandara itu dibutuhkan lahan 500 ha.

"Dia membangun lapangan terbang ada masalah tanah dari daerah sedang kita beresin. Setelah dibikin dihibahkan lapangan terbang ini kepada pemerintah. Jadi pengelolanya Angkasa Pura II jadi milik pemerintah," jelasnya.


Ditanya soal alasan Gudang Garam membangun bandara, Luhut berpendapat kemungkinan sebagai bentuk rasa syukur pada wilayah tersebut.

"Dia pengen supaya ya mungkin thankful kepada area itu, biar lebih maju. Memang dengan itu maka daerah akan betul-betul maju, orang nggak perlu ke Surabaya nggak perlu ke Solo, dari situ aja, hebat itu menurut saya," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed