Follow detikFinance
Jumat 13 Oct 2017, 18:09 WIB

Cerita Jokowi: Kita Sudah Ketinggalan Jauh Soal Infrastruktur

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Cerita Jokowi: Kita Sudah Ketinggalan Jauh Soal Infrastruktur Foto: Ardan Adhi Chandra
Deli Serdang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pembangunan infrastruktur di Indonesia mengalami ketertinggalan. Keterlambatan pembangunan infrastruktur menyebabkan biaya pembebasan lahan semakin mahal.

"Kita sudah ketinggalan jauh soal infrastruktur, harga pembebasan lahan semakin mahal, konstruksinya juga," papar Jokowi di Gerbang Tol Kualanamu, Deli Serdang, Jumat (13/10/2017).

Jokowi mencontohkan, harga tanah untuk proyek Mass Rapid Transit (MRT) jika dimulai sejak 25 tahun lalu jauh lebih murah dibandingkan saat ini. Keterlambatan pembangunan infrastruktur ini yang membuat biaya pembangunan semakin mahal.

Saat ini, harga pembebasan lahan di proyek MRT bisa mencapai ratusan juta rupiah per meternya. Biaya ini membuat investasi pembangunan infrastruktur membengkak.

"Sekarang ada yang Rp 90 juta sampai Rp 200 juta per meter persegi karena terlambat membangun," ujar Jokowi.

Keterlambatan tersebut juga berimbas pada kemacetan lalu lintas di ibu kota, Jakarta yang berujung pada kerugian materi. Kerugian tersebut padahal bisa digunakan untuk membangun infrastruktur.

"Kehilangan biaya kita karena kemacetan di Jakarta dan seterusnya setahun hilang Rp 28 triliun karena macet. (Kalau) dipakai bangun udah jadi berlipat-lipat," kata Jokowi. (ara/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed