Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 24 Okt 2017 19:09 WIB

Tol Becakayu 21 Km Jadi, Bekasi ke Kampung Melayu Bisa 30 Menit

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Seksi I B dan I C Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) November tahun ini. Seksi 1B Cipinang Melayu-Pangkalan Jati dan Seksi 1C dari Pangkalan Jati-Jakasampurna.

Sedangkan totalnya, tol Becakayu membentang sepanjang 21,04 kilometer (km) dari Kawasan Metropolitan Mal (MM) di Bekasi Barat hingga ke Kampung Melayu di Jakarta Timur. Tol Becakayu akan beroperasi secara penuh pada 2021 nanti.

Lantas, setelah seluruh ruas tol Becakayu jadi seluruhnya, berapa waktu tempuh dari Bekasi ke Kampung Melayu di Jakarta Timur?


"Kalau dari MM sampai Kampung Melayu mungkin sekitar 30 menit," Direktur PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Agus Sugiono, kepada detikFinance, Selasa (24/10/2017).

Agus menjelaskan, waktu tempuh Bekasi ke Kampung Melayu lewat tol Becakayu diperkirakan 30 menit karena ada titik pertemuan kendaraan yang beralih ke tol cawang Tanjung Priok dan yang turun ke arah Casablanca melalui Pasar Gembrong.

"Nanti akan ada ramp atau pertemuan, satu masuk ke tol Cawang-Tanjung Priok dan ada yang turun di Pasar Gembrong arah ke Casablanca," terang Agus.


Kehadiran Tol Becakayu juga akan meningkatkan kelancaran lalu lintas kendaraan logistik yang menuju Karawang, Cibitung dan Bandung sebagai akibat terpecahnya arus lalu lintas sehingga mengurangi volume lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek.

Tol Becakayu sepanjang 21,04 km sendiri menjadi salah satu ruas yang telah lama dinanti penyelesaiannya. Pembangunan tol ini sempat terhenti sekitar 22 tahun, sebelum akhirnya dimulai lagi pembangunannya pada bulan November tahun 2014. (hns/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed