Follow detikFinance
Senin 13 Nov 2017, 11:46 WIB

Tol Surabaya-Mojokerto Juga akan Diresmikan Jokowi Bulan Ini

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Tol Surabaya-Mojokerto Juga akan Diresmikan Jokowi Bulan Ini Ilustrasi Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Jalan Tol Surabaya-Mojokerto seksi IB, II dan III ruas Sepanjang-Krian juga akan beroperasi pada bulan November ini. Beroperasinya tol dengan panjang 15,5 km ini akan melengkapi target 3 ruas tol yang beroperasi di bulan November, bersama dengan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) (sudah diresmikan) dan tol Soreang-Pasir Koja (sedang uji coba).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, saat ini proses uji coba laik operasi tol Surabaya-Mojokerto sudah selesai dan tinggal menunggu jadwal peresmian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tol Surabaya-Mojokerto juga sudah siap. Tinggal tunggu peresmian. Sudah laik operasi," katanya saat dihubungi, Senin (13/11/2017.

Adapun berdasarkan data BPJT yang diterima detikFinance, hingga akhir Oktober 2017 lalu, progres konstruksi ruas ini masih sekitar 95%. Beberapa pekerjaan yang dilaksanakan seperti timbunan, lean concrete dan rigid yang merupakan bagian dari pembetonan dan perkerasan jalan di Simpang Susun (SS) Driyorejo dan on/off ramp Mastrip.


Sebelumnya, dari total panjang 36,27 km, tol Surabaya-Mojokerto sudah beroperasi pada seksi IA (2011) dan seksi IV (2016). Tol ini dibangun oleh PT Jasamarga Surabaya Mojokerto dan menelan biaya investasi Rp 3,79 triliun.

Penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) untuk tol Surabaya-Mojokerto dilakukan pertama kali pada 2006, tapi sempat diamendemen kembali pada 2011 akibat pergantian investor. Sebelumnya, tol ini sempat dibuka untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran Juli lalu.

Dengan adanya tol ini, apalagi jika tol Surabaya Mojokerto sudah beroperasi penuh, ekonomi wilayah sekitar diharapakan dapat meningkat, karena akan mempermurah ongkos transportasi.

(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed