Follow detikFinance
Selasa 05 Dec 2017, 07:41 WIB

21 Tahun Diidamkan, Soreang-Pasir Koja Akhirnya Tersambung Tol

Eduardo Simorangkir - detikFinance
1 Dinanti Sejak 1996
Halaman 2 dari 5
21 Tahun Diidamkan, Soreang-Pasir Koja Akhirnya Tersambung Tol Foto: Wisma Putra

Presiden Jokowi mengatakan, tol sepanjang 10,57 km ini menjadi salah satu bukti perhatian pemerintah pada konektivitas dan dukungan terhadap kelancaran arus distribusi logistik dan barang. Tol ini ternyata sudah diinisiasi pembangunannya sejak 1996 lalu, namun baru dapat diwujudkan pembangunannya pada September 2015 lalu.

"Ini tol yang dinantikan masyarakat Kabupaten Bandung dan sekitarnya, serta sudah ditunggu lama sejak tahun 1996. Ini sudah dikerjakan dua tahun lebih," kata Jokowi disela-sela acara peresmian.

Saat acara peletakan batu pertama proyek pembangunan Tol Soroja pada 2015 lalu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bahkan sempat mengatakan, butuh waktu hampir sepuluh tahun untuk merealisasikan proyek yang awalnya ditargetkan rampung pada 2016 lalu ini.

"Sebenarnya Tol Soroja dirancang sejak 2005. Baru 10 tahun kemudian kita mampu melaksana peresmian tol ini," ujar dia saat acara peletakan batu pertama proyek pembangunan Tol Soroja di depan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, September 2015 silam.

Kehadiran tol sepanjang 10,57 km ini bertujuan untuk pemerataan perkembangan daerah. Infrastruktur seperti tol ini akan mempermudah pergerakan orang dan barang dan memperlancar perekonomian agar tidak terhambat.

Selama ini, perkembangan masih bertumpu pada kawasan utara Bandung, padahal bagian selatan Bandung juga memiliki potensi untuk dikembangkan.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed