Follow detikFinance
Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB

Kereta LRT Palembang Bisa Melaju Maksimal 80 Km/Jam

Raja Adil Siregar - detikFinance
Foto: Raja Adil Siregar Foto: Raja Adil Siregar
Palembang - Kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Palembang telah mulai dilakukan uji coba dinamis sejak satu pekan terakhir. Hasilnya, kereta berjalan dengan mulus di atas rel sepanjang 1,2 kilometer itu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam tinjauannya, Minggu (27/5/2018) mengatakan, jika kedua trainset sukses selama uji dinamis, maka 6 trainset yang akan datang dipastikan dapat langsung beroperasi pada 15 Juli mendatang.

"Saya ingin memastikan uji dinamis LRT berjalan dengan baik dan hasilnya baik. Saat ini ada2 trainset dilakukan uji coba dan berjalan dengan baik, berarti 6 yang akan datang pada akhir bulan Juni nanti juga sudah siap beroperasi," kata Budi Karya.


"Jika saat uji dinamis kecepatan sudah mencapai 35 KM/Jam, berarti nanti saat beroperasi normal kecepatan maksimal bisa mencapai 80 KM/Jam. Tetapi yang digunakan mungkin hanya 40 KM/Jam," katanya.

Dirjen Perkeretaapian dari Kementerian Perhubungan, Zulfikri mengatakan uji dinamis yang dilakukan sejak 1 pekan terakhir hanyalah untuk mendapatkan parameter kereta saat berjalan.

"2 trainset ini dilakukan uji dinamis untuk mendapatkan parameter tertentu. Bahkan ada pengujian secara paralel juga untuk sarana dan prasarana di jalur LRT," kata Zulfikri.



Dari hasil uji dinamis, Zulfikri menyebut pihaknya sudah berhasil mendapatkan hasil yang dinamis. Hasil ini didapatkan dari mulai Depo LRT hingga ke stasiun Jakabaring yang diperkirakan lintasan sejauh 1,2 kilometer.

"Kami sudah mendapatkan hasil dinamis saat uji coba, semua sudah dilakukan dengan baik. Uji dinamis didapat saat uji coba mulai dari Depo hingga ke stasiun Jakabaring," tutupnya.


(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed