Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Jun 2018 17:17 WIB

Jokowi Pamer Tol-tol Baru buat Mudik Lebaran

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian PUPR. Foto: Dok. Kementerian PUPR.
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan sejumlah jalan tol yang bisa dilewati untuk mudik Lebaran tahun ini. Hal ini dilakukannya melalui akun Facebook resminya (Presiden Joko Widodo), seperti dilihat detikFinance, Selasa (12/6/2018).

Sejumlah jalan tol baru yang dipamerkan Jokowi tampak dimulai sejak memasuki libur Lebaran tanggal 9 Juni 2018 lalu. Saat itu Jokowi memposting penampakan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pada ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,3 kilometer yang dibuka untuk mudik Lebaran tahun ini.

Tol BocimiTol Bocimi Foto: Fadhly F Rachman


"Anda yang dari Jakarta menuju Jawa Barat bagian selatan dan sudah biasa terjebak macet di jalur Ciawi ke arah Sukabumi"Jokowi
, kini punya pilihan," kata dia membuka postingan tersebut.

Tol Bocimi sendiri sudah dibuka secara fungsional tanpa tarif sampai sepekan setelah Lebaran nanti. Melalui ruas tol ini, waktu tempuh Ciawi-Cigombong akan berkurang jauh dari sekitar satu sampai dua jam menjadi hanya sekitar 20 menit.

Selanjutnya adalah tol Bogor Outer Ring Road (BORR) dari Kedung Badak ke Yasmin yang diresmikan hari Kamis (8/6) lalu. Jokowi memamerkan tol BORR Kedung Badak ke Yasmin (2,65 km) yang merupakan kelanjutan dari jalan tol BORR ruas Sentul menuju Kedung Badak sepanjang 5,8 km.

"Nantinya, pembangunan tol BORR ini dilanjutkan hingga ke Parung serta Antasari. Bagian sebelah utara dari Parung ke Antasari akan menjadi Jagorawi Dua dengan posisi yang paralel sehingga dari Jakarta ke Bogor memiliki rute alternatif. Sedangkan untuk ke selatan akan terus tersambung ke Cigombong, sehingga menjadi jalan lingkar luar Bogor," ujar dia.



Tol Bogor Outer Ring RoadTol Bogor Outer Ring Road Foto: Pool/Jasa Marga

Di hari berikutnya, Jokowi juga memamerkan foto simpang susun dari ruas tol Solo-Ngawi. Dalam foto tersebut bisa dilihat penampakan terbaru dari Simpang Susun Kartosuro di Kabupaten Boyolali yang diambil via udara.

"Anda yang sedang mudik melalui darat di jalur ini dan melewati Simpang Susun Kartosuro akan menikmati pemandangan menarik di kiri-kanan jalan berupa persawahan yang membentang luas, padang rumput, pepohonan dan rumah-rumah penduduk di kejauhan," tulis Jokowi.

Simpang susun tol Kartosuro-BoyolaliSimpang susun tol Kartosuro-Boyolali Foto: Dok. Facebook Presiden Joko Widodo/Agus Suparto-Presidential Palace


Simpang susun ini berada di Jalan Tol Trans Jawa dari arah kota Salatiga. Jalur ke arah kiri adalah lanjutan jalan tol menuju kota Solo, Sragen, Ngawi dan tersambung masuk ruas tol Jawa Timur. Sedangkan jalur ke arah kanan adalah jalur keluar jalan tol masuk ruas Jalan Raya Kartosuro dan selanjutnya ke arah kota Klaten dan Yogyakarta.

Dan hari ini, Jokowi kembali memposting informasi mengenai jalan tol yang bisa dilewati untuk mudik Lebaran tahun ini. Pada awal postingan, Jokowi mengajak melihat foto penampakan tol di Sumatera, yakni ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi I.

Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dari Simpang Susun Tanjung Morawa sampai Simpang Susun Parbarakan telah dibuka sebagai jalur fungsional untuk arus mudik Lebaran. Meski fungsional, kondisi jalan sepanjang 10,75 kilometer ini seperti tol operasional, karena ruas ini sudah selesai dan siap untuk diresmikan.

Tol Medan Kualanamu-Tebing TinggiTol Medan Kualanamu-Tebing Tinggi Foto: Dok Kementerian PUPR

Jalan Tol MKTT menghubungkan jalan tol eksisting Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) dengan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi II-VI (Kualanamu-Sei Rampah) yang telah beroperasi sejak 13 Oktober 2017.

"Dibukanya ruas Simpang Susun Tanjung Morawa sampai Simpang Susun Parbarakan ini akan memperlancar arus mudik di Sumatera sekaligus bagian dari sosialisasi tol tersebut. Tol MKTT menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi nasional di Sumatera Utara, seperti kawasan industri Medan, Bandara Kualanamu, Pelabuhan Kuala Tanjung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke, serta akses menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba," tulis Jokowi.

(eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed