Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Jun 2018 12:22 WIB

Laporan dari Tokyo

JK: Kereta Kencang JKT-SBY Tahap I Dibangun Sampai Semarang

Niken Purnamasari - detikFinance
Wapres Jusuf Kalla/Foto: Dok. Setwapres Wapres Jusuf Kalla/Foto: Dok. Setwapres
FOKUS BERITA Kereta Kencang JKT-SBY
Tokyo - Pemerintah masih terus mengkaji proyek pembangunan kereta kencang Jakarta (JKT)-Surabaya (SBY). Nantinya pembangunan tahap pertama dari proyek tersebut akan sampai ke Semarang, Jawa Tengah.

Demikian diungkapkan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat ditemui di Hotel Imperial, Tokyo, Jepang. Selasa (12/6/2018) malam.

"Ya tahap pertama (kereta kencang) tentu sampai Semarang dulu," kata JK di sela-sela kunjungan kerjanya ke Jepang.


JK mengatakan, rencananya pembangunan kereta kencang tahap pertama tersebut dimulai 2019. Walau begitu dia tidak bisa memastikan kapan jalur kereta kencang tahap pertama itu bisa tersambung hingga Semarang.

Dia bilang, bahwa pihak Jepang tertarik untuk menggarap proyek tersebut.

"Saya belum tahu rencananya, tapi biasanya Jepang itu bekerja lebih cepat. Perencanaannya detil tapi pekerjaannya lebih cepat," katanya.


Dia bilang, dalam proyek tersebut pemerintah memiliki opsi dalam membangun jalur. Opsinya ialah, untuk membangun jalur di bawah tanah (underground) atau secara melayang (elevated).

Saat ini pemerintah masih mencari pilihan yang terbaik dalam membangun proyek itu. Salah satu yang dipertimbangkan adalah waktu tempuh dari perjalanan kereta itu sendiri.

Bila pemerintah dapat membangun proyek dengan jalur underground atau bahkan elevated, maka waktu tempuh kereta akan lebih cepat. Dia memperkirakan dengan pilihan jalur tersebut, maka waktu tempuh bisa dicapai 5-6 jam dari Jakarta hingga Surabaya. (fdl/ara)
FOKUS BERITA Kereta Kencang JKT-SBY
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
World Now
World Now Selengkapnya