Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 04 Sep 2018 12:44 WIB

Asian Games Kelar, Pengerjaan LRT Palembang Kembali Dilanjutkan

Raja Adil Siregar - detikFinance
Foto: Fadhly F Rachman Foto: Fadhly F Rachman
Palembang - Progres pembangunan light rail trainset (LRT) Palembang, Sumatera Selatan, sempat tertunda pengerjaannya karena Asian Games 2018. Sekarang proyek kembali dilanjutkan dan ditarget selesai akhir tahun ini.

Kepala Proyek LRT Palembang, Masudi Jauhari mengaku progres pengerjaan LRT memang sempat tertunda karena Asian Games. Pengerjaan yang sempat tertunda diantaranya akses menuju ke stasiun dan kelangkapan peralatan di Depo Jakabaring.

"Kemarin pengerjaan memang sempat ditunda karena ada Asian Games, tapi sekarang sudah mulai dilanjutkan dan lima lagi akses menuju stasiun yang ditarget selesai pertengahan Oktober. Kalai untuk Depp tinggal kelengkapan saja, salah satunya melengkapi mesin bubut," kata Masudi saat berbincang dengan detikFinance, Selasa (4/9/2018).

Adapun kelima stasiun itu antara lain Stasiun Polresta Palembang, Dishub, RSUD Punti Kayu dan Stasiun Asrama Haji. Sedangkan untuk dua stasiun sisanya, yakni Stasiun Garuda Dempo dan Demang Lebar Daun ditargetkan selesai pada akhir tahun.


"Demang dan Polda belum selesai karna ada utilitas yang belum terselesaikan, ya termasuk itu (pembebasan lahan) masih terkendala. Kami nggak bisa kerjakan ini sebelum bebas," kata Masudi.

"Kita tunda saat Asian Games karena ini juga tidak ada aksesnya, kalau tidak ada aksesnya gimana mau dikerjakan. Inilah kenapa sekarang kita lanjutkan lagi agar selesai di Desember. Sekarang progres keseluruhan sudah 97 persen," katanya.

Untuk diketahui, LRT ini memiliki panjang lintasan 23,4 km yang terbentang mulai dari Jakabaring hingga bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Ada 13 stasiun yang tersebar, 6 diantaranya beroperasi selama Asian Games.


Meskipun tiket LRT sempat digratiskan selama Asian Games berlangsung, kini penumpang sudah wajib bayar. Bahkan pemberlakuan tarif ini dilakukan sejak 3 September kemarin.

Berikut adalah stasiun LRT Palembang yang beroperasi saat Asian Games dan saat ini sedang dalam pengerjaan:

6 stasiun beroperasi saat Asian Games:
- Stasiun DJKA
- Stasiun Jakabaring
- Stasiun Ampera
- Stasiun Cinde
- Stasiun Bumi Sriwijaya
- Stasiun Bandara

5 stasiun selesai pertengahan Oktober:
- Stasiun Polresta
- Stasiun Dishub
- Stasiun RSUD
- Stasiun Punti Kayu
- Stasiun Asrama Haji

2 stasiun selesai akhir Desember:
- Stasiun Polda
- Stasiun Demang Lebar Daun



Saksikan juga video 'Kemenhub Klaim LRT Palembang Sudah Pakai Teknologi Terkini':

[Gambas:Video 20detik]

Asian Games Kelar, Pengerjaan LRT Palembang Kembali Dilanjutkan
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com