Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 15 Okt 2018 10:49 WIB

Terus Dikebut, Skybridge Tanah Abang Sudah 78%

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta melakukan soft launching jembatan penyeberangan multiguna (JPM) atau skybridge Tanah Abang pagi ini.

Soft launching dilakukan untuk sosialisasi kepada pedagang agar mereka memiliki gambaran seluas apa nantinya lapak dagang yang bisa mereka tempati nantinya.

Proyek ini sendiri masih masih dalam tahap pembangunan dan terus dikebut.


Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan menjelaskan, progres Pengerjaan jembatan baru sampai 78%. Rencanannya sampai Oktober ini pengerjaan jembatan sudah selesai dilakukan.

"Baru 78%, sekarang belum bisa digunakan," kata dia di acara soft launching, Sky Bridge Tanah Abang, Senin (15/10/2018).

Dari hasil pantauan detikFinance, di bagian atas jembatan sudah terdapat sekat sekat yang bakal membagi kios-kios berukuran 1,5 x 2 meter. Sedikitnya, ebanyak 200 kios sudah tampak.

Masih tampak beberapa sekat yang ditempel sederhana dengan menggunakan baut. Jika ditilik lebih detil, sekat ini terbuat dari susunan gypsum tipis persegi panjang dan stinles.

Totalnya, direncanakan di jembatan ini akan ada 446 lapak yang akan disediakan oleh pengelola secara total, dari angka tersebut sudah tampak ada 100 kios yang rampung, rapih dengan lapisan semen putih yang sudah di cat dengan berwarna hijau muda.

Sementara 100 kios lainnya masih berupa rangka dan masih dikerjakan.

Terus Dikebut, Skybridge Tanah Abang Sudah 78%Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance

Sekat sekat ini ditata di bagian tengah jembatan. Sehingga nantinya para pejalan kaki akan berada di kanan dan kiri lapak jualan.

Para pejalan kaki diberikan ruang sekitar 3 meter di setiap kiri dan kanan, jalan tersebut juga sudah lengkap dengan jalur kuning, fasilitas khusus untuk para tuna netra.

Masih tampak juga, pagar pembatas di bagian kanan dan kiri jembatan yang belum semua bagiannya terpasang. Beberapa sisi masih dibatasi oleh rangkaian besi yang seadanya.

Terus Dikebut, Skybridge Tanah Abang Sudah 78%Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance

Dari hasil pantauan di bagian bawah, pembangunan jembatan layang ini masih tampak belum selesai. Tampak dari pembangunan dari bagian bawah, beberapa sudut jalan masih diperbaiki.

Pada bagian sisi kanan dan kiri jalan juga dibuat pagar kokoh, untuk membatasi antara pejalan kaki dan jalan raya Jati Baru.

Tampak pemandangan dari bawah ke bagian atas, pembangunan jembatan masih tampak belum selesai. Bangunan jembatan yang sudah selesai yaitu dari Stasiun Tanah Abang ke kawasan Blok G. Sementara itu, dari kawasan Blok G sampai kawasan beberapa blok lainnya jembatan ini masih tampak berupa rangka baja.




Tonton juga 'Proyek Skybridge Tanah Abang Terus Dikebut':

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com