Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Des 2018 16:37 WIB

Mau Digeber Lagi, Proyek Trans Papua Tunggu Saran TNI/Polri

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Istimewa/Kementerian PUPR Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Istimewa/Kementerian PUPR
Semarang - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menunggu rekomendasi TNI/Polri untuk melanjutkan proyek infrastruktur Trans Papua. Sebelumnya proyek Trans Papua di ruas Wamena-Mamugu dihentikan sementara pasca insiden penembakan yang menewaskan sekitar 17 orang.

Basuki mengatakan proyek jalan dengan panjang total 3.500 Km di Papua itu tidak akan berhenti dengan adanya insiden penembakan yang dilakukan KKB pimpinan Egianus Kogoya itu.

"Papua jalan terus," kata Basuki di kantor PDAM Semarang, Jawa Tengah Rabu (12/12/2018).


Saat ini pekerjaan memang dihentikn sementara untuk menunggu situasi kondusif. Basuki menegaskan proyek tidak akan mangkrak dan kembali jalan setelah ada rekomendasi dari TNI/Polri.

"Segera dilanjutkan, kalau Panglima dan Kapolda merekomendasi, kita jalan," tegasnya.

Ia menambahkan, pekerjaan infrastruktur di Papua memang memiliki faktor tambahan dibanding daerah lain yaitu faktor keamanan yang perlu diperhatikan. Sedangkan terkait penolakan, Basuki menegaskan tidak ada penolakan di sana.


"Biasanya kan cuaca, topografi, di Papua ada keamanan. Tapi tidak ada yang menolak, kalau ada yang menolak, pasti ada something," tandasnya.

Untuk diketahii, selain menewaskan 17 orang yang merupakan karyawan PT Istaka Karya termasuk satu orang staf BBPJN XVIII Papua, penyerangan itu menyebabkan satu anggota TNI AD dari Yonif 756 Yalet, yakni Sertu (Anumerta) Handoko, tewas.



Tonton juga '150 Personel Gabungan Dikerahkan Usut Penembakan 31 Pekerja di Papua':

[Gambas:Video 20detik]

Mau Digeber Lagi, Proyek Trans Papua Tunggu Saran TNI/Polri

(alg/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed