Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Des 2018 15:33 WIB

Jumlah Harta 50 Orang Terkaya RI Bisa Bangun 1.800 Km Jalur MRT

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Dok. PT MRT Jakarta Foto: Dok. PT MRT Jakarta
Jakarta - MajalahForbes mencatat total harta 50 orang terkaya di Indonesia 2018 mencapai US$ 129 miliar atau setara Rp 1.870 triliun (kurs Rp 14.500). Jumlah harta 50 orang tersebut bisa membangun jalur keretamoda raya terpadu (MRT) hingga ribuan kilometer.

Biaya pembangunan MRT sendiri tercatat mencapai Rp 1 triliun/km. Hal tersebut diketahui dari biaya investasi pembangunan MRT Jakarta fase I sepanjang 16 km yang biayanya mencapai Rp 16 triliun.

Namun biaya tersebut bisa saja lebih mahal lagi tergantung jenis konstruksinya. Misalnya saja biaya pembangunan MRT fase II yang seluruh jalurnya melewati bawah tanah, biayanya mencapai Rp 22,5 triliun untuk jalur sepanjang 8,3 km.

Biaya pembangunan yang lebih mahal tersebut lantaran konstruksinya menggunakan jalur bawah tanah dan jenis konstruksi yang lebih rumit. Medan konstruksi yang lebih rumit membuat biaya pembangunan jalur bawah tanah fase II jauh lebih mahal dibanding fase I.

Meski demikian, panjang jalur MRT ini tentu jauh lebih panjang dari rencana pembangunan jalur MRT di area Jakarta dan kota penyangganya yang rencananya akan mencapai 110 km.

Adapun jumlah aset 50 orang terkaya di Indonesia tahun ini tercatat bertambah US$ 3 miliar dibanding tahun lalu. Sebanyak 6 dari 10 orang terkaya di Indonesia mengalami peningkatan kekayaan dibanding tahun lalu.



(eds/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed