Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 15 Des 2018 20:50 WIB

Provinsi Riau Paling Beruntung Jika Tol Trans Sumatera Nyambung

Ray Jordan - detikFinance
Foto: hutama karya Foto: hutama karya
Pekanbaru - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Riau. Usai meresmikan groundbreaking tol pertama di Aceh, Jokowi bertolak ke Pekanbaru.

Di sela kegiatannya menjalani prosesi penabalan gelar adat Melayu Riau 'Datuk Seri Setia Amanah Negara' di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau di Pekanbaru, Jokowi menyampaikan pendapatnya mengenai tol Trans Sumatera. Menurutnya selama ini banyak orang yang sangsi tol sepanjang lebih dari 2.000 km ini bisa diselesaikan.

"Banyak yang tidak percaya bahwa jalan tol Trans Sumatera ini bisa diselesaikan. Waktu saya memulai pertama di Lampung untuk ruas Lampung-Palembang, banyak yang menyampaikan kepada saya, Pak Presiden ini sudah yang keempat groundbreakingnya. Dulu sudah, sudah lagi, sudah lagi, sudah lagi tapi belum dimulai-mulai," katanya.

Namun dia meyakini mega proyek ini bisa diselesaikan. Jokowi optimistis Trans Sumatera bisa selesai mengingat saat ini sejumlah ruas tol sudah dimulai pembangunannya dan menunjukkan progres yang positif.



Secara khusus Jokowi mengatakan wilayah Provinsi Riau menjadi wilayah yang paling diuntungkan dengan tersambungnya tol Trans Sumatera. Pasalnya letak geografis Riau yang ada di tengah dan dekat dengan negara tetangga membuat posisinya strategis menjadi hub di Sumatera.

"Malam-malam saya hitung-hitung, ini yang dapat keuntungan yang paling banyak adalah siapa? Ternyata adalah Provinsi Riau. Karena selain jalan tol dari Lampung sampai Aceh, Riau berada pada tempat strategis, tetapi memiliki feeder jalan tol cabang yaitu ke Padang, Dumai, dan Sumut sehingga ini berada pada poros yang strategis," ujar Jokowi.

Hal ini kata dia juga diakui oleh Gubernur Provinsi Riau Wan Thamrin Hasyim. Provinsi Riau sendiri saat ini memiliki dua jaringan jalan tol yang tengah dibangun, yakni tol Pekanbaru-Dumai dan tol Padang-Pekanbaru.

"Tapi ternyata Pak Gubernur juga sudah tahu tadi malam sudah menyampaikan pada saya, Pak ini kita yang paling diuntungkan karena ini-ini. Saya sampaikan saya sudah tahu," tambahnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed