Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Des 2018 11:30 WIB

Kaleidoskop 2018

Sindiran Komikus Jepang untuk Proyek Kereta Cepat Jokowi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Foto: KCIC.
Jakarta - Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sempat dikritik komikus. Adalah Onan Hiroshi komikus Jepang yang menyindir proyek tersebut melalui komik strip yang diunggahnya di media sosial.

Onan kesal lantaran pemerintah Indonesia seakan-akan mempermainkan negaranya. Hal itu terjadi karena Indonesia kembali meminta Jepang untuk bekerja sama, setelah sebelumnya telah fix memilih China sebagai partner pembangun kereta cepat.

Sindiran cukup keras terpampang dari hasil karya Onan tersebut. Tak ayal hal ini sempat menggegerkan dunia maya medio Februari 2018 lalu.

Pada 24 Februari 2018 saja unggahan Hiroshi di akun twitternya @hiroshionan sudah di-retweet 1.240, orang dengan 970 likes. Engangement yang cukup besar di dunia maya.

Potongan komik strip tersebut juga ramai diunggah ke Facebook. Unggahan tersebut pastinya banyak diperbincangkan netizen.

Bukan cuma komikus, proyek Kereta Cepat yang hubungkan dua kota besar ini juga sempat disindir politikus. Roy Suryo menyebut proyek ini 'kecebong'.

Bagaimana ceritanya kok bisa disindir-sindir, mau tau? Cek Kaleidoskop Februari 2018 yang dirangkum detikFinance ini. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com