Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 27 Des 2018 10:38 WIB

Flyover Rawa Buaya Renggang, PUPR: karena Overload

Saifan Zaking - detikFinance
Foto: Dok. Istimewa Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Flyover Rawa Buaya ke arah Cengkareng, Jakarta Barat renggang. Saat ini flyover tersebut sedang diperbaiki dan akses jalan untuk sementara waktu ditutup

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengungkapkan flyover tersebut renggang karena ada kerusakan di bagian pot bearing (karet bantalan jembatan). Pot bearing yang rusak itu saat ini sedang diganti.

"Itu sementara kan sudah ada soaring di bawah nah itu mau diganti pot bearing-nya itu, itu mau diganti, bukan lepas, mau diganti dengan di bawahnya ditopang dulu, dilepas yang lama terus diganti karena yang lama rusak," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (27/12/2018).


Sugiyartanto menjelaskan, pot bearing itu rusak karena jembatan yang sudah kelebihan beban atau overload. Menurutnya, hal itu biasa terjadi.

"Mungkin overload karena beban, biasa lah itu, jembatan-jembatan normal juga biasanya sendinya pot bearing-nya itu kadang kala kan pecah karena beban overload dan segala macam. Biasanya terus diganti, itu kan ada dalam pekerjaan kegiatan pemeliharaan jembatan," ujarnya.

Oleh karenanya, saat ini akses flyover itu ditutup sementara waktu selama masa perbaikan.

"Sementara izin ditutup semua beban-beban berat tidak mengganggu dan supaya pekerjaannya cepat lalu lintasnya ditutup dulu," tuturnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed