Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 11 Jan 2019 19:05 WIB

Apa Kabar Rencana Anies Bikin Transportasi Umum Makin Dekat Rumah?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Muhammad Fida/detikcom Foto: Muhammad Fida/detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan menargetkan penyediaan transportasi umum makin dekat yakni hanya 500 meter dari rumah atau tempat kerja. Apa kabarnya?

Pihak Transjakarta masih terus mengkaji permintaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membuat transportasi yang bisa dijangkau 500 m dari rumah. Rencananya kajian tersebut akan selesai bulan ini.

Direktur Teknik dan Fasilitas Transjakarta Wijanarko mengaku pihaknya masih melakukan pengkajian untuk permintaan Gubernur. Hingga kini pihaknya masih mengkaji mengenai penentuan rute.


Lagi proses, sedang dikerjakan kajiannya. Pokoknya Pak Gubernur minta jangkauan 500 m bisa akses jalan umum. Rutenya dulu ditata, target bulan ini selesai (kajiannya) kita upayakan terus," kata Wijanarko, di Halte Busway Pemuda Rawangun, Jakarta, (11/1/2019).

Wijanarko juga mengatakan setelah kajian selesai infrastruktur pendukung baru akan dibuat. Pihaknya hingga kini masih fokus dalam penentuan rute.

"Kajian dulu selesai, baru infrastruktur mengikuti. Nanti kan ada survey demand potensi, penumpang dimana, keterjangakauan gimana, nanti baru kita dapat rutenya," kata Wijanarko.


Menurutnya pun bisa saja rute yang sudah ada dimodifikasi untuk mendukung program ini. "Bisa jadi lewat jalur exsisting, dimodif dikit gak mesti baru juga, nanti kita sesuaikan pokoknya," ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin Jakarta memiliki halte setiap 500 meter. Menurutnya, hal ini dilakukan agar warga mudah mengakses transportasi umum. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed