Sopir Truk Tinggalkan Trans Jawa yang Sudah Pasang Tarif Penuh

Robby Bernardi - detikFinance
Minggu, 03 Feb 2019 12:38 WIB
Foto: Robby Bernardi/detikcom
Jakarta - Armada truk-truk pengangkut barang kini beralih kembali melewati jalur Pantai Utara (Pantura), padahal sudah ada Tol Trans Jawa. Hal tersebut dipicu oleh mulai diberlakukannya pengenaan tarif tol Trans Jawa.

Alhasil, peningkatan arus kendaraan di Jalur Pantura khsusunya kota Pekalongan kini meningkat. Dari data Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, tercatat adanya peningkatan arus lalu lintas mencapai sekitar 70% didominasi kendaraan truk, akhir Januari lalu.

"Jalur di Pantura, sejak kemarin sudah mulai ramai. Kebanyakan truk-truk mulai ramai masuk Pantura," kata AKP Firdaus Yudhatama, Kasatlantas Polres Kota Pekalongan, dikutip dari detikFinance, Jumat (25/1/2018).




Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Restu Hidayat mengatakan, sebelum adanya pemberlakuan tarif tol, 200 truk melintas dalam satu jam.

Namun saat ini jumlah truk yang melintas di jalur pantura, khususnya di lingkup wilayah kerjanya, sudah mencapai 2 kali lipat.

"Saat ini ada kenaikan pasca pemberlakuan tarif tol, perkiraan 300 hingga 400 truk melintas setiap jamnya," katanya, dalam kesemptan terpisah.


(dna/dna)