Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Feb 2019 20:10 WIB

Luhut Sebut Pernah Rogoh Miliaran untuk Bersih-bersih Citarum

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Dok. Kadin  Indonesia Foto: Dok. Kadin Indonesia
Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan bicara soal program pembersihan sungai Citarum. Menurut Luhut dia pernah menggelontorkan uang beberapa miliar untuk ikut terlibat pembersihan Citarum.

Hal itu disampaikan Luhut dalam acara Kadin Talks yang dipandu Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani.

"Duitnya enggak ada waktu itu, sampai saya sendiri pernah sempat ngasih berapa miliar karena enggak ada duit, tentara enggak makan. Kalau mau APBN, butuh waktu," ujar Luhut di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (28/2/2018).


Menurut Luhut program pembersihan sungai Citarum dipuji World Economic Forum (WEF) dan World Bank atau Bank Dunia. Menurut Luhut WEF dan World Bank menyebut program tersebut champion.

Padahal, kata Luhut, program pembersihan sungai Citarum berjalan lancar karena melibatkan tentara.


"Saya juga bingung kok champion? Ternyata mereka melihat pembersihan Citarum river itu dianggap paling maju, padahal sederhana saja kan itu cuma taruh tentara saja di sana. Tentara yang urusin di situ, yang bersihin dan jagain, gampang saja," kata Luhut.

Luhut menambahkan sudah dirancang program terpadu pembersihan sungai Citarum, yang terlibat antara lain kementerian yang punya program di Citarum serta pemerintah daerah. Selain itu, masih dalam program pembersihan sungai Citarum, sampah-sampah dari sana akan diolah menjadi energi listrik dan campuran aspal. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed