Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Mar 2019 20:24 WIB

Sah! Lubuk Linggau-Bengkulu Segera Dibangun Tol

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Dana Aditiasari Foto: Dana Aditiasari
Bengkulu - Pembangunan infrastruktur di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus berlanjut. Teranyar adalah Provinsi Bengkulu yang segera punya jalan tol yang membentang di ruas Lubuk Linggau yang ada di Sumatera Selatan menuju Bengkulu.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu. Penandatanganan PPJT dilakukan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dan Direktur Utama PT Hutama Karya, Bintang Perbowo di Balai Semarak, Bengkulu, Jumat (15/3/2019).

Tol ini direncanakan memiliki total panjang 95 km dan menjadi tol pertama di Bengkulu. Jalan tol ini sekaligus menjadi bagian dari ruas tol Trans Sumatera yang juga tengah dikebut pembangunannya.

Direktur Utama HK Bintang Perbowo mengatakan keberadaan tol ini akan sangat membantu lalu lintas dari Bengkulu yang merupakan kawasan pantai dan pelabuhan di sisi barat Sumatera dengan sejumlah wilayah lain di sebelah timur Pulau Sumatera.

"Bayangkan, ini (Bengkulu) kan di laut selatan, laut terbuka di sini. Itu pasti kapal besar semua yang bersandar. Kalau jalannya kecil, bagaimana barang dari kapal-kapal besar itu mau diangkut ke tengah," sebut dia di sela seremoni penandatanganan PPJT tersebut.



Untuk pembiayaan sendiri, Bintang mengatakan, total biayanya akan mencapai Rp 33,12 triliun yang bersumber dari Penyertaan Modal Negara (PMN) dan pinjaman perbankan.

"Karena ini LHR-nya (lalu lintas harian rata-ratanya) masih kecil, kemungkinan porsi PMN-nya akan lebih besar, bisa 60%, 40%-nya pinjaman bank," tandas dia.

Hadir dalam seremoni penandatanganan tersebut Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan sejumlah pejabat lainnya.

Selain ditugaskan menggarap Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu, PUPR juga akan meminta Hutama Karya membangun 2 ruas tol lain, yakni Tol Indralaya-Muara Enim sepanjang 88 km dan Muara Enim-Lubuk Linggau sepanjang 125 km.

PPJT Lubuk Linggau-BengkuluPPJT Lubuk Linggau-Bengkulu Foto: Dana Aditiasari


(dna/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed