Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Apr 2019 23:11 WIB

Alasan Tarif Tol Terpanjang RI Ditetapkan Rp 112.500

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Tol Bakauheni-Terbanggi Besar/Foto: dikhy sasra Tol Bakauheni-Terbanggi Besar/Foto: dikhy sasra
Jakarta - Tarif tol terpanjang di Indonesia yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) di Sumatera telah ditetapkan. Untuk golongan I dari Bakauheni hingga Terbanggi Besar sebesar Rp 112.500.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, angka itu diputuskan dengan mempertimbangkan pengembalian nilai investasi.

"Kalau tarif kaitannya dengan pengembalian investasi tol selama masa konsesi," kata dia kepada detikFinance, Jumat (5/4/2019).

Terpisah, Sekretaris Jenderal Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Kris Ade Sudiyono mengatakan, penetapan tarif ini sudah bagus karena terbilang masih terjangkau.

"Saya kira tarif Rp 900/km adalah cukup bagus karena masih cukup affordable bagi para pengguna jalan tol Bakahuni-Tebanggi Besar, sebanding dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan jalan tol tersebut," ujarnya.


Menurut Kris, penetapan tarif tidak hanya menimbang investasi. Tapi, juga menimbang jumlah kendaraan yang melintas.

"Penetapan tarif, sebenarnya bukan hanya ditentukan oleh besaran nilai investasi dari proyek tersebut, tetapi juga dipengaruhi oleh proyeksi traffic yang akan melintas. Selain itu suatu telaah yang komprehensif harusnya telah dilakukan untuk menentukan nilai willingness to pay dan ability to pay dari masyarakat pengguna," paparnya.

"Saya percaya, tahapan-tahapan tersebut telah dilakukan pemerintah dan badan usaha sehingga pemerintah akhirnya memutuskan besaran tarif yang akan dikenakan," tutupnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed