Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 15 Apr 2019 17:36 WIB

Mau Operasi Juni, Progres Runway 3 Bandara Soetta 52%

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikcom Foto: Trio Hamdani/detikcom
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) bisa beroperasi akhir Juni. Saat ini progres pembangunannya sudah mendekati 60%.

"Runway 3 sendiri sekarang kira-kira menjelang 60%. Kita akan selesaikan, Insya Allah akhir Juni bisa dipakai," ujar Budi Karya saat meninjau proyek tersebut di Bandara Soetta, Tangerang, Senin (15/4/2019).

Sementara itu berdasarkan data yang disajikan PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pemilik proyek, saat ini progres pembangunan tepatnya sudah mencapai 52,74%.


Menhub melanjutkan, dengan beroperasinya runway 3 bakal memberikan manfaat. Dengan adanya tambahan runway, proses pemeliharaan atau maintenance masing-masing runway bisa dilakukan dengan lebih mudah.

"Fungsi pertama adalah meningkatkan kapasitas, sekarang ini kapasitas kita itu take off-landing per jam itu kira-kira 81 sampai 83. Dengan runway 3 ini akan menjadi 114, jadi kurang lebih naik 30% lah," paparnya.

"Dengan adanya runway 3 ini juga mempermudah kita maintenance, karena setiap runway itu setiap saat mesti ada maintenance, dan juga meningkatkan keselamatan," sambung Budi Karya.


Dia menambahkan, nantinya runway 3 akan digunakan untuk pesawat landing, sementara runway 2 akan digunakan untuk pesawat take off atau lepas landas.

"Pada saat operasi nanti runway yang baru memang dipakai untuk landing, sedangkan runway 2 dipakai untuk take off, sehingga kombinasi itu bisa dilaksanakan," tambahnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed