Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Apr 2019 18:13 WIB

Jokowi Diminta Resmikan Tol Manado-Bitung September 2019

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Dok. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Foto: Dok. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah bertemu dengan gubernur Sulawesi Utara, NTT dan Bali hari ini. Pertemuan itu membahas mengenai percepatan infrastruktur dan persiapan peresmian beberapa proyek infrastruktur.

Ketiga gubernur itu adalah Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, dan Gubernur Bali Wayan Koster. Mereka diundang Presiden Jokowi dan melakukan pertemuan di Istana Merdeka.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan, pertemuan dengan Presiden Jokowi dalam rangka meminta orang nomor satu di Indonesia untuk meresmikan proyek jalan tol ruas Manado-Bitung.

"Diundang sama Presiden untuk bertemu dengan Gubernur dan seluruh Bupati Kabupaten yang ada di seluruh Sulawesi Utara, karena beberapa program pak Presiden akan datang ke Sulawesi Utara, ke proyek-proyek yang kemarin belum diselesaikan dan tidak diresmikan ada ketemu sekaligus untuk datang ke Sulawesi Utara untuk meresmikan proyek yang dijanjikan kemarin," kata Olly di komplek Istana, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Olly menyebutkan, proyek yang siap diresmikan Presiden Jokowi adalah jalan tol ruas Manado-Bitung. Dia bilang, Mantan Wali Kota Solo ini akan meresmikannya pada September atau Oktober 2019.

Sedangkan proyek yang siap dikebut, adalah dua proyek bendungan, satu proyek pelabuhan.

"Ya ini yang dari dulu kan belum pernah Sulawesi Utara datang, bersama-sama, Presiden, mungkin baru dapat jadwal sekarang," ujar dia.



Tidak hanya itu, Olly juga mengaku telah mengusulkan beberapa proyek besar di Sulawesi Utara agar menjadi prioritas pembangunan dan masuk dalam APBN tahun 2020. Adapun, proyek usulan tersebut revitalisasi Bandara Sam Ratulangi Manado dan Danau Tondano.

Sementara itu, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan Presiden Jokowi memberikan arahan percepatan pembangunan infrastruktur dasar di daerahnya.

"Langsung bangun bendungan, jalan, listrik, air bersih, perumahan, semua sudah. Tahun ini dan tahun depan terus selama Beliau memimpin dia akan fokus membangun," ujar dia.

Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster mengaku kedatangannya ke Istana Presiden dalam rangka pemberian ucapan terima kasih atas perolehan suara di Bali.

"Ucapkan terimakasih, di Bali perolehan dari real count sekarang sudah mencapai 92%, tentu beliau ucapkan terimakasih apalagi pemilu serentak berjalan dengan sukses dan aman," ujar Wayan.

Dari pertemuan itu, Wayan juga meminta pemerintah pusat membangun pusat kebudayaan Bali dan infrastruktur umum di wilayahnya.

"Ada yang kita sampaikan, yang kita inginkan adalah bangun pusat kebudayaan Bali. Pembangunan infrastruktur secara umum," ungkap dia.

Dalam pertemuan, Jokowi didampingi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR Sofyan Djalil, Seskab Pramono Anung, dan Mensesneg Pratinko.

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com