Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Mei 2019 22:35 WIB

Tol Japek Dipantau Ketat Jelang hingga saat Mudik Lebaran

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Tol Jakarta-Cikampek/Foto: Agung Pambudhy Tol Jakarta-Cikampek/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) menjadi perhatian utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam persiapan mudik Lebaran 2019. Hal ini menyusul masih belum rampungnya jalan tol Japek II (elevated/layang) dan terdapat beberapa proyek infrastruktur lain yang juga sedang dibangun di jalur tersebut.

Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan pihaknya saat ini tengah berkoordinasi intens dengan berbagai stakeholder. Ada beberapa hal yang akan dilakukan di ruas-ruas dan gerbang tol untuk mengatasi kelancaran mudik tahun ini.

"Untuk di ruas sebagaimana diketahui dari Cikampek yang sekarang ada beberapa pekerjaan yang menyebabkan terganggungnya lalu lintas, yaitu japek elevated, LRT, kereta cepat maupun perbaikan perbaikan rutin sendiri," ujar Subakti di Hotel Pullman, Thamrin, Jakarta, Senin (6/5/2019).


Untuk kelancaran nanti, Jasa Marga akan mengorganisasikan bersama pihak lainnya yang melakukan pekerjaan di jalur tol untuk mengembalikan kapasitas jalan yang tadinya berkurang.

"Lajurnya dikembalikan, bahu-bahu jalan yang sebelumnya dikurangi proyek sehingga kapasitasnya kembali seperti semula," kata Subakti.

Selain itu nantinya akan ada larangan truk atau pada H-10, kemudian gerbang tol Cikarang Utama akan dipindahkan dan menambah jumlah gardu di gerbang tol relokasi demi menjaga visi ratio kendaraan.


"Insya Allah nanti semua akan lancar dengan jumlah gardu yang disiapkan untuk keadaan normal dan puncaknya saat Lebaran," terangnya.

Rest area akan ditata dengan kelengkapan yang memadai berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya. Personel yang akan ikut mengatur juga bakal ditambah, termasuk penggunaan teknologi smart CCTV yang akan diterapkan khusus bila pemerintah akhirnya melakukan one way. (eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com