Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Mei 2019 22:06 WIB

Menteri PUPR Curhat Diprotes Gara-gara Tol Cikampek Macet

Trio Hamdani - detikFinance
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Dok. Kementerian PUPR Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bercerita dirinya diprotes oleh pengguna jalan tol. Protes tersebut diterima Basuki lantaran macetnya jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Hal tersebut dia sampaikan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Dia menjelaskan macetnya Tol Jakarta-Cikampek disebabkan adanya pembangunan. Diketahui saat ini tengah dilakukan pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II (Japek Elevated).

"Jalan Jakarta-Cikampek kenapa macet, saya waktu itu dikomplain kenapa macet," katanya di Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019).


Dia mengatakan, Indonesia memang terlambat melakukan pembangunan infrastruktur. Hal itu jika terus-menerus dibiarkan akan menyebabkan kemacetan yang tak bisa dihindari.

Untuk itu, dilakukan pembangunan tol Japek Elevated di atas tol eksisting walaupun imbasnya menyebabkan kemacetan. Namun saat tol tersebut beroperasi, kemacetan akan jauh berkurang.

"Macet karena saya sedang membangun. Saya pertanggungjawabkan itu. Tapi kalau macet saya diam saja lebih dosa," jelasnya.


Dia juga mencontohkan kemacetan di Tol Cipali. Menurutnya pembangunan jalan di wilayah utara Pulau Jawa itu juga harus segera dilakukan lebih lanjut untuk mengurai kemacetan.

"Memang kita sekarang punya koridor utara. Saya harus segera membuat Tasikmalaya- Cilacap-Jogja. Kalau nggak itu akan segera penuh di koridor utara ini," tambahnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com