Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 20 Mei 2019 18:51 WIB

Catat! Ini Skenario Arus Tol Tangerang-Merak saat Musim Mudik

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Jelang musim mudik Lebaran 2019, para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sudah melakukan berbagai persiapan. Termasuk persiapan strategi untuk mengatasi kemacetan.

PT Marga Mandalasakti, BUJT Tol Tangerang-Merak pun telah menyiapkan strategi pengalihan lalu lintas. Strategi itu akan diterapkan jika terjadi kemacetan parah.

Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti, Rinaldi menjelaskan, untuk puncak lalu lintas arus mudik di tol ini diperkirakan terjadi pada H-5. Lalu untuk puncak arus balik pada H+3.

"Kami juga ada prediksi puncak wisata yang terjadi pada hari Lebaran kedua hingga H+3," ujarnya di Menara Astra, Jakarta, Senin (20/5/2019).


Untuk manajemen situasional, BUJT milik Astra Tol ini ada sekitar 4 titik biang kemacetan di tol Tangerang-Merak. Pertama antrean di Pelabuhan Merak, perusahaan menyediakan penampungan kendaraan di jalan Cikuasa.

Pengendara diimbau untuk istirahat di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) 43 A dan 68 A. Kendaraan akan dialihkan ke Gerbang Cilegon Barat.

Kedua antrean di Gerbang Serang Timur. Di titik ini jika terjadi kemacetan akan dialihkan ke Gerbang Serang Barat.

Ketiga antisipasi antrean kendaraan di Gerbang Cilegon Timur. Kendaraan pun akan dialihkan ke Gerbang Cilegon Barat.


Terakhir untuk antrean di Gerbang Merak akan dialihkan ke Gerbang Cilegon Barat atau Cilegon Timur. Selain itu jika terjadi kemacetan parah akan dilakukan sistem satu arah.

"Semua skenario ini kami koordinasikan dengan pihak Kepolisian," tambah Rinaldi.

Marga Mandalasakti sendiri memprediksi arus kendaraan akan meningkat 15,69% dari musim mudik 2018. Pada H-5 puncak mudik diperkirakan kendaraan mencapai 173.900 kendaraan. Angka itu meningkat 19,3% dari rata-rata trafik harian sebanyak 145.749. (das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed