Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 21 Mei 2019 12:45 WIB

Sedih dan Senangnya Penumpang MRT Tarif Tak Didiskon Lagi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta sudah tidak lagi didiskon tarifnya. Tarif transportasi ini pun sudah kembali berlaku secara normal.

Pihak PT MRT Jakarta mengklaim, meski sudah tidak didiskon antusiasme masyarakat masih tetap tinggi untuk naik MRT. Lalu apa kata penumpang MRT mengenai tarif normal yang diberlakukan?

detikFinance mencoba mencari tahu hal tersebut. Lisa salah seorang penumpang yang ditemui detikFinance menyatakan bahwa tarif yang berlaku sudah pas, alias tak kemahalan maupun kemurahan. Lisa sendiri menggunakan MRT untuk menuju kantornya di daerah SCBD Sudirman.

"Mahal emang ya? Kayaknya pas deh segitu mah. Saya malah ngeri kalau terlalu murah gimana perusahaannya bisa jaga kualitas," kata Lisa saat ditanyai di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Lisa menyebutkan bahwa tarif yang berlaku sudah cukup adil, pasalnya MRT kalau menurut Lisa butuh anggaran cukup banyak untuk perawatannya. Terlebih lagi, Lisa juga mensyukuri tarif yang diberlakukan sudah disubsidi.

"Ini jalurnya saja khusus kan MRT ini pasti perawatan juga khusus, anggarannya banyak pasti ya. Nggak mahal segitu, saya dengar juga segitu udah kena subsidi, ya harusnya disyukuri lah masih terjangkau jadinya," kata Lisa.



Lain lagi dengan Lisa, Mira penumpang lainnya menilai tarif yang berlaku cukup mahal terlebih lagi untuk seorang mahasiswa sepertinya. Bahkan Mira bercerita sempat terkaget saat tarif normal diberlakukan kembali menggantikan tarif diskon.

"Kalau kata saya lumayan mahal sih, saya sempat kaget lho pas nge-tap tahu-tahu tarif normal kok ya jauh banget harganya. Mahasiswa magang kayak saya mah kemahalan," kata Mira.

Meskipun mengaku keberatan Mira mengatakan bahwa dirinya tetap sering menggunakan MRT. Pasalnya, fasilitas yang diberikan MRT sangat dibutuhkan dirinya.

"Tapi mau gimana ya enak sih naik MRT, cepatnya itu lho naik MRT. Jadi saya mah biarin deh rada mahal, sejauh ini fasilitas kan bagus," ungkap Mira.

Rian, penumpang yang lainnya menyebutkan bahwa tarif yang dipatok normal untuk MRT sudah cocok. Fasilitas menjadi salah satu alasan Rian menyebutkan tarif normal MRT sudah pas.

"Kalau misalnya mahal murah relatif ya, saya melihatnya ya justru cocok tarif segini, untuk kantong saya sih ya cocok. Fasilitasnya juga enak, bersih juga. Worth it lah, worth it," tambahnya.



Simak Juga 'Kini Ada Gerbong Khusus Wanita di MRT Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed