Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Mei 2019 15:17 WIB

Ridwan Kamil Sebut Tol Cisumdawu bisa Dipakai Mudik, Ini Kata BPJT

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Wisma Putra Foto: Wisma Putra
Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut ada ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang dipakai untuk mudik tahun ini. Belum secara rinci, pria yang akrab disebut Kang Emil menyebut yang akan dipakai dari Cileunyi sampai terowongan.

"Dari Cileunyi sampai terowongan," kata Ridwan Kamil di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Berkaitan dengan itu, Kepala Bagian Umum Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Mahbullah Nurdin mengatakan, sampai saat ini belum ada rencana Tol Cisumdawu difungsikan.

"Sampai saat ini untuk Tol Cisumdawu belum ada rencana untuk difungsikan," katanya.



Dia mengatakan, kalau pun dipakai untuk mudik hanya untuk keperluan darurat. Kemudian, yang bisa dipakai hanya Seksi II menghubungkan Rancakalong-Sumedang.

"Kalau yang Cisumdawu hanya digunakan untuk keadaan darurat saja kalau dibutuhkan untuk memecah traffic. Bukan difungsikan seperti yang lain," ujarnya.

"Hanya seksi II saja, tapi jarak perjalanan jadi lebih jauh," sambungnya.

Soal terowongan, Nurdin mengatakan saat ini sudah tembus semuanya. Sebagaimana diketahui, Tol Cisumdawu dilengkapi dua terowongan menembus bukit dengan panjang 472 meter.

"Iya, sudah tembus semua," terangnya.



(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed