Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 30 Jun 2019 13:07 WIB

Revitalisasi Terminal Rajabasa Ditargetkan Rampung November 2020

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Terminal Rajabasa (Vadhia Lidyana/detikFinance) Foto: Terminal Rajabasa (Vadhia Lidyana/detikFinance)
Lampung - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengadakan tinjauan ke Terminal Rajabasa, Bandar Lampung. Kunjungan yang juga didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ini untuk membahas revitalisasi terminal yang ditargetkan rampung pada November 2020.

"Tahun 2020 kira-kira di bulan November selesai," tutur Budi Karya di Terminal Rajabasa, Bandar Lampung, Minggu (30/6/0291).

Rencananya, dana yang akan digulirkan pemerintah untuk revitalisasi ini yakni sebesar Rp 40 miliar.

"Kita akan anggarkan Rp 40 miliar di sini. Jadi kita memang memprioritaskan kira-kira 30 terminal di seluruh Indonesia, dan Rajabasa menjadi salah satu terminal yang akan kita kembangkan di tahun 2020," ungkap Budi Karya.


Budi menuturkan, rencananya di terminal ini juga akan dibangun mal pelayanan terpadu atau dikenal dengan mal pelayanan publik.

"Sekarang kita akan melakukan perencanaan. Oleh karenanya kita dengar tadi Pak Gubernur ada ide membuat mal pelayanan terpadu disini. Ya orang-orang yang mau urus perizinan bisa di sini sambil mereka bisa menunggu, akses busnya bagus jadi ini menjadi suatu sentra dari pelayanan pada masyarakat," jelas Budi.

Kemudian, Arinal mengatakan, pembangunan terminal ini dilakukan untuk menambah kuota bus antar kota maupun dalam kota. Pasalnya, saat ini tol Bakauheni-Terbanggi Besar telah beroperasi. Hal tersebut ia nilai sebagai potensi meningkatkan transportasi umum yakni bus.

"Dengan adanya tol selesai, artinya akan ada penambahan transportasi bus. Dengan itu kami bilang ke Pak Menhub, terminal kami ada pertimbangan khusus supaya ditingkatkan kelasnya. Sehingga tidak menjadi persoalan di dalam kehidupan sehari-hari di bidang transportasi, dari jalan tol ke kabupaten-kabupaten," pungkas Arinal.



Simak Video "Terminal Rajabasa Siang Hari Ramai Lancar"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com